Martial Makin Mantap

77

Anthony Martial semakin membuktikan bahwa Manchester United tak salah membelinya dengan harga mahal. Golnya ke gawang CSKA Moskow mulai membuat nama Martial dibanding-bandingkan dengan Cristiano Ronaldo.

Pada laga melawan CSKA Moskow di Khimki Arena, Kamis (22/10) dinihari WIB, United sebenarnya memulai laga dengan baik. Mereka mampu mendominasi penguasaan bola dan beberapa kali menekan pertahanan sang tuan rumah. Namun, pada menit ke-15, United malah kebobolan lebih dulu.

Gol CSKA diawali oleh handball Martial di dalam kotak penalti tim sendiri. Imbasnya, CSKA pun mendapatkan tendangan penalti. Penalti yang dieksekusi oleh Roman Eremenko memang masih bisa dihalau oleh David De Gea, tetapi bola muntah langsung disambar oleh Seydou Doumbia.

United butuh waktu lama untuk menyamakan kedudukan. Meski terus mendominasi penguasaan bola, tim besutan Louis van Gaal itu kesulitan untuk menembus pertahanan rapat CSKA. Baru di babak kedua mereka bisa menciptakan peluang bersih.

Pada menit ke-65, Martial akhirnya membayar kesalahannya di babak pertama. Berawal dari umpan silang Antonio Valencia, pemain depan asal Prancis itu menanduk bola dari dalam kotak penalti dan membobol gawang yang dikawal Igor Akinfeev.

Menurut Opta, itulah gol pertama Martial di Liga Champions setelah beraksi tepat selama 11 jam di atas lapangan pentas teratas antarklub Eropa tersebut.

Gol itu juga menjadi yang kelima dari Martial untuk MU sejak direkrut dari AS Monaco pada musim panas lalu. Sebelum ini penyerang Prancis 19 tahun itu juga menjebol gawang Ipswich, Southampton (2 gol), dan Liverpool–dalam laga debut untuk MU.

Kelima gol Martial tersebut dibuatnya dalam sembilan pertandingan untuk MU. Infostrada Live kemudian menyatakan bahwa Ronaldo, pada usia 19 tahun, butuh 39 pertandingan untuk bisa mencetak lima gol buat The Red Devils.

Patut diingat bahwa kendatipun Ronaldo saat ini sudah sedemikian identik dengan gol, pesepakbola yang kini membela Real Madrid itu awalnya datang ke MU sebagai winger dan bukannya striker sebagaimana Martial.

Perbandingan antara Martial dengan Ronaldo itu sendiri boleh jadi akan membuat hati para suporter MU disarati harapan. Tetapi akan ada pula nuansa kewaspadaan mengingat di masa lalu juga ada Nani yang sempat digadang-gadang akan mengikuti jejak sukses Ronaldo di Old Trafford, sampai akhirnya ia dilepas ke Fenerbahce pada musim panas setelah sebelumnya juga sempat dipinjamkan semusim penuh ke Sporting CP.

You might also like More from author