Footbal5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Mengapa Chelsea Masih Kebobolan Banyak Gol?

93

Chelsea tak kunjung bangkit. Usai Premier League 2015-16 berjalan tiga bulan, klub asal kota London tersebut tetap terpuruk di papan bawah klasemen sementara. Lini belakang Chelsea yang begitu disegani pada musim lalu, kini seperti bus rongsok. Mereka sudah kebobolan 22 gol musim ini. Catatan itu hanya lebih baik dari Sunderland dan dua tim promosi, Norwich dan Bournemouth.

Menurut statistik yang dilansir dari Sportsmatrix, Chelsea dianggap terlalu banyak memberi ruang bagi lawan untuk melakukan tembakan. Dalam empat partai terakhirnya, Chelsea membiarkan lawan melakukan 12-13 tembakan per partai (8 tembakan mengarah ke gawang). Di sisi lain, The Blues hanya bisa melesakkan 8-9 tembakan (5-6 tembakan mengarah ke gawang). Dari angka tersebut, Chelsea berpotensi menderita banyak kebobolan ketimbang mencetak gol.

Buktinya di empat partai terakhir, Chelsea kebobolan rata-rata dua gol per pertandingan. Tiga gol masing-masing dari Liverpool dan Southampton, dan dua gol dari West Ham. Sebaliknya, torehan gol Diego Costa dkk hanya berada di angka 1,3 gol per partai.

Kebangkitan Chelsea bisa jadi diawali dengan kemampuan mereka menutup ‘kebocoran’ di lini belakang. Bila celah lawan untuk menendang dipersempit, kemungkinan Chelsea memenangkan pertandingan dan kembali ke habitatnya di papan atas Premier League musim ini lebih besar.

Chelsea (4 pertandingan terakhir)
Tembakan: 8,8 kali per partai
Tembakan ke Gawang: 5.5 kali per partai
Gol: 1,3 kali partai.

Lawan-lawan Chelsea (4 pertandingan terakhir)
Tembakan: 12,8 kali per partai
Tembakan ke Gawang: 8 kali per partai
Gol: 2 kali partai.