Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Mewaspadai Agresivitas The Citizens

120

Jantung pertahanan Manchester United boleh berdegup kencang melihat rekor yang dimiliki Manchester City pada musim ini. Tim biru langit ini menjadi salah satu tim dengan jumlah serangan terbanyak di liga elite Eropa. Tiap partai, setidaknya ada 20,1 tembakan menghujam pertahanan lawan. Angka ini hanya kalah dari Real Madrid yang mencatatkan 20,6 tembakan ke arah lawan tiap partainya. Di Liga Primer Inggris 2015—2016, mereka jadi yang terbaik.

City nomor satu di Eropa soal akurasi. Setidaknya delapan tembakan menyasar gawang lawan per partai. Jumlah yang sama ditorehkan oleh penguasa Bundesliga 1 musim ini, Bayern Muenchen. Dalam sembilan partai di Liga Primer Inggris, sudah 72 kali City mencatat tembakan terarah ke gawang lawan. Sebanyak 24 kali di antaranya berbuah menjadi gol. Ini berarti, tiap tiga tembakan ke gawang, salah satunya pasti berbuah selebrasi.

Namun,  City juga punya catatan tak terlalu bagus soal efektivitas serangan ke gawang lawan. Tiap partai, hampir enam kali tembakan pemain-pemain City membentur pemain belakang lawan. Ini bisa menjadi kunci tim tuan rumah Manchester United untuk meredam agrisivitas The Citizen dalam derby di Old Trafford, Minggu, 25 Oktober 2015.

Uniknya, lini belakang United kini jadi salah satu lini pertahanan terbaik di Liga Inggris musim ini. Selain hanya baru kebobolan delapan gol, empat bek United juga sukses meredam serangan para seterunya. Tiap partai, hanya ada 9-10 tembakan menyasar garis akhir lini pertahanan United. Bandingkan dengan rekor terburuk musim ini, Newcastle dan Crystal Palace yang tiap partainya dibombardir 18 tembakan oleh tim lawan. United hanya kalah tipis dari rekor redaman terbaik musim ini, 8-9 serangan ke gawang per partai yang dimiliki oleh Manchester City.

­­Agresivitas serangan Manchester United vs Manchester City (jumlah tembakan per partai):

Tembakan                Terarah           Tak Terarah        Tiang     Diblok

Manchester United                        11                           4,4                          3,4               0,2           3,1

Manchester City                              20,1                        8,2                          6,2               0,2           5,7