Mkhitaryan: Sepak Bola Dimainkan Dengan Otak

172

Football Live StarFootball5star.com, Indonesia  – Gelandang Arsenal, Henrikh Mkhitaryan mengatakan bahwa pesepakbola modern tak hanya mengandalkan kekuatan fisik. Ia mengatakan bahwa atlet sepak bola saat ini juga harus pintar menggunakan otak untuk berpikir.

Ia mengatakan hal itu dalam sebuah acara yang berlangsung di Moskow menjelang Piala Dunia. Ia pun mengambil contoh Xavi dan Cristiano Ronaldo sebagai pendukung argumennya.

“Saya tak akan membicarakan perbedaan antara Xavi dan Ronaldo. Mari kita bicarakan kesamaan diantara mereka berdua. Sepak bola tidak dimainkan hanya dengan menggunakan kaki dan badan. Namun, juga menggunakan otak,” jelas Mkhitaryan.

xavi hernandez (zimbio.com)
zimbio.com

“Seberapa cepat anda di lapangan tidak menjadi masalah besar. Yang penting adalah seberapa cepat anda mampu berpikir di lapangan. Xavi adalah salah satu pemain yang tak mampu berlari cepat. Dalam hal kecepatan dan ketepatan berpikir, saya rasa ia adalah pemain terbaik di dunia. Sementara Ronaldo dapat berlari dengan sangat cepat. Ia juga mampu berpikir dengan cepat. Itulah mengapa banyak yang tidak menyadari ia mampu mendapatkan posisi-posisi yang bagus di lapangan,” lanjut penggawa Arsenal itu.

Dalam kesempatan yang sama, ia juga memberikan sedikit tips kepada para pemain-pemain sepak bola yang masih menimba ilmu. Ia mengatakan bahwa pengembangan kemampuan berpikir merupakan hal utama yang harus dibenahi oleh setiap pemain muda.

“Setiap orang bisa memiliki bentuk badan yang sangat bagus. Namun, apabila ia tak mampu berpikir, maka ia tak cocok bermain sepak bola,” pungkasnya.