Mourinho Disanksi dan Didenda Oleh FA

79

Manajer Chelsea, Jose Mourinho dijatuhi sanksi larangan mendampingi tim dan denda uang oleh Football Association (FA) pada Rabu (14/10). Hukuman itu diperoleh Mourinho akibat berkomentar miring tentang wasit usai laga melawan Southampton pada 3 Oktober lalu.

Mourinho dilarang mendampingi timnya oleh FA selama satu pertandingan. Belum diketahui kapan dia wajib menjalani hukuman. Namun, diperkirakan Mourinho akan absen dalam laga melawan Aston Villa pada akhir pekan nanti. Selain sanksi larangan melatih dalam satu laga tersebut, Mourinho juga harus membayar denda sebesar 50 ribu poundsterling (sekitar Rp1 miliar).

Hukuman itu diperoleh Mourinho akibat meragukan putusan wasit dalam laga melawan Southampton. Waktu itu, Mourinho mengatakan kepada media bahwa wasit takut untuk mengambil putusan yang menguntungkan Chelsea.

Komentar itu muncul sebagai reaksi atas keengganan wasit Robert Madley untuk memberikan penalti kepada The Blues. Padahal, di mata Mourinho, striker timnya, Radamel Falcao, dilanggar oleh kiper The Saints di dalam kotak penalti. Namun, Madley berkata lain.

Mourinho tahu bahwa komentarnya tentang wasit akan mengundang hukuman dari FA. Namun, Mourinho tidak memedulikannya. “Saya ulangi, jika FA ingin menghukum saya, hukum saja. Mereka tidak menghukum manajer lain, mereka memberi sanksi ke saya. Namun, hal itu bukan masalah buat saya,” kata Mourinho.

Sanksi dari FA ini bukan yang pertama kali dialami Mourinho. Dia beberapa kali telah mendapat hukuman akibat beragam pernyataan dan tindakan kontroversialnya. Namun, Mourinho tidak pernah kapok mengulanginya lagi.

You might also like More from author