MU Masih Kurang Oke, Van Gaal ‘Pasang Badan’

Manchester United dikritik karena belum konsisten tampil oke sejauh ini. Manajer Louis van Gaal pun menyebut bahwa ini jadi tanggung jawabnya, bukan para pemain.

Aksi “pasang badan” Van Gaal itu tidak lepas dari sorakan para suporter MU di Old Trafford pada tengah pekan, dalam kemenangan 1-0 atas CSKA Moskow di partai matchday 4 Liga Champions.

Ketika laga itu belum memunculkan gol, para suporter MU terus-terusan berteriak, “Serang, serang, serang”, sehubungan dengan kegagalan Wayne Rooney cs mencetak gol dalam sejumlah laga sebelumnya.

Menjelang laga kandang lawan West Bromwich Albion di Premier League, Sabtu (7/11/2015) malam WIB, Van Gaal pun menyarankan agar para suporter mengarahkan kekecewaan ke dirinya saja dan jangan ke pemain.

“Para suporter harus selalu mendukung para pemain, kalau tidak mereka akan membuat para pemain amat sulit tampil di Old Trafford. Teriakan (kritik) tidak bagus buat para pemain saya,” ucap Van Gaal seperti dikutip Express.

“Para suporter harus memahami dan menganalisis perlawanan dari tim-tim lawan kami. Tidaklah mudah untuk mengatasi sebuah tim dengan 10 pemain yang bertahan di belakang bola,” sambungnya.

Apalagi, Van Gaal sendiri sudah akrab dengan yang namanya kritik semasa dia menangani tim-tim besar sebelumnya seperti di Barcelona, Ajax Amsterdam, Bayern Munich, dan timnas Belanda.

“Saya cuma bisa menyarankan mereka (para suporter) untuk mengkritik manajernya saja dan jangan para pemain. Lebih baik memberi siulan kepada manajer. Saya bisa menangani hal semacam itu karena punya banyak pengalaman terkait,” tutupnya.

BERITA TERKINI