MU Sudah Empat Kali Gagal Lolos Ke Fase Knockout

223

Manchester United akhirnya gagal lolos ke fase knockout Liga Champions. Ini merupakan catatan untuk keempat kalinya mereka tak mampu lolos dari penyisihan grup.

Harus memetik kemenangan saat melawat ke markas Wolfsburg, MU malah menelan kekalahan. Saat berduel di Volkswagen Arena, Rabu (9/12) dinihari WIB, mereka kalah dengan skor akhir 2-3.

Dalam pertandingan itu, gawang David De Gea dibobol dua kali oleh Naldo dan sekali oleh Vieirinha. Sementara itu, dua gol MU dilesakkan oleh Anthony Martial dan juga satu gol bunuh diri dari Joshua Guilavogui.

Dengan hasil ini, MU pun harus mengakhiri fase grup di posisi tiga. Di saat bersamaan, PSV Eindhoven malah memetik kemenangan saat berduel dengan CSKA Moskow. Mereka menang dengan skor akhir 2-1.

MU yang mengumpulkan delapan poin, harus puas melanjutkan kompetisi di Eropa di Liga Europa.

MU juga pernah gagal lolos dari fase grup di musim 1994-95. Kala itu, mereka juga menempati posisi tiga klasemen akhir setekah kalah bersaing dengan wakil Swedia, IFK Goetenborrg, dan juga Barcelona.

Dalam enam laga yang dilakoni, mereka mencatatkan dua kemenangan, dua kekalahan, dan dua hasil imbang, sama seperti di musim ini.

Sementara di musim 2005-06, MU malah lebih buruk lagi. MU yang bergabung bersama Villarreal, Benfica, dan Lille, cuma sekali memetik kemenangan. Mereka menjadi juru kunci dengan raihan enam poin.

Lima tahun berselang, MU kembali gagal lolos ke fase gugur. MU kalah bersaing dengan Benfica dan Basel, hingga harus puas di posisi tiga klasemen. Saat itu, mereka sudah mengumpulkan sembilan poin.