Pertahanan Kokoh, Formula Spurs untuk Juara

0 150

Mantan bek Tottenham Hotspurs, Ramon Vega, menganggap bekas timnya itu punya formula jitu untuk menjadi juara Liga Inggris musim ini. Formula itu terletak pada lini pertahanan.

Hingga pekan ke-25 Liga Inggris, tim asuhan Mauricio Pochettino tercatat sebagai tim yang paling jarang kebobolan. Baru 19 gol yang bersarang di jala gawang Hugo Lloris. Di bawah Spurs, ada Arsenal dan Manchester United yang kebobolan 22 kali. Pertahanan yang kokoh itu membawa Spurs duduk di peringkat ketiga.

Vega menilai lini belakang yang jarang ditembus adalah resep jitu bagi sebuah tim yang hendak menjadi juara. Dia menilai Spurs memiliki skuat yang berkualitas seperti tim-tim besar Inggris.

“Jika anda jarang kebobolan, itu berarti anda punya formula untuk jadi juara. Pertahanan adalah aspek yang sangat penting. Spurs tidak tak berbeda jauh dengan tim-tim lain di empat besar. Jika mereka terus tampil hebat, itu akan luar biasa bagi seluruh tim. Mereka adalah tim yang seimbang,” bilang Vega.

Lebih hebat, pertahanan solid Spurs ditunjang dengan produktivitas di lini depan. Spurs sudah menghasilkan 45 gol. Jumlah itu hanya kalah dari Leicester City, Manchester City, dan Everton.

“Semua orang bilang Spurs butuh striker baru. Anda bisa lihat Christian Eriksen dan Erik Lamela juga sering mencetak gol. Itu keseimbangan yang bagus. Itulah formula yang hebat,” tambah dia.