Pochettino: Ini Pelajaran Luar Biasa!

304

Football5Star.com, Indonesia – Mauricio Pochettino, manajer Tottenham Hotspur, menyebut kekalahan telak 1-4 yang diderita dari Manchester City, Minggu (17/12/2017) dinihari WIB, sebagai pelajaran luar biasa. Dia berharap anak-anak asuhnya bisa belajar banyak dari lawan yang benar-benar tangguh.

Pochettino mengakui Man. City sangat pantas menang karena memang tampil lebih baik dari tim asuhannya. Namun, menurut dia, hasil akhir tak terlepas dari kesalahan-kesalahan yang dibuat Harry Kane cs. Padahal, dalam sebuah pertandingan besar, kesalahan sekecil apa pun harus dihindari karena bisa sangat fatal akibatnya.

“Jika Anda melihat dan menganalisis pertandingan, cara kami kebobolan gol pertama benar-benar hadiah dari kami bagi Man. City. Itu benar-benar mengubah rencana yang ingin dikembangkan di lapangan,” urai Pochettino usai laga seperti dikutip London Evening Standard.

Di hadapan Manchester City, banyak kelemahan Tottenham Hotspur terkuak.
standard.co.uk

Hadiah yang dimaksud manajer asal Argentina itu adalah ketiadaan pemain Tottenham yang menjaga Ilkay Guendogan di kotak penalti saat menyongsong bola dari tendangan sudut. Tanpa kawalan, gelandang asal Jerman itu menaklukkan Hugo Lloris dengan tandukannya.

Pelajaran penting dari laga itu bukan hanya soal menghindari kesalahan saat bertahan. Efektivitas pemanfaatan peluang pun jadi catatan Pochettino. Dia menyindir para penggawa Tottenham yang justru kehilangan sentuhan akhir mematikan saat melawan The Citizens.

“Kami memulai babak kedua dengan sangat baik. Saya kira, peluang yang didapatkan Harry Kane adalah momen kunci. Andai saja kami mencetak gol saat itu, mungkin sekali keadaan berubah karena kami mendominasi permainan dalam 20 menit awal babak kedua,” urai dia lagi.

Pelajaran-pelajaran itu, kata mantan manajer Southampton tersebut, sangat penting bagi timnya dalam memikul asa menuntaskan dahaga gelar.

“Bagi saya, kami bisa mengambil banyak hal positif dari pelajaran luar biasa ini. Tim bisa menyadari bahwa untuk bisa bersaing di Premier League, kami harus terus berkembang. Kami perlu belajar, bekerja lebih keras dari sebelumnya,” papar dia. “Kami harus berubah. Kami harus belajar banyak dari situasi ini.”

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Etihad, Spurs kalah 1-4 dari sang tuan rumah. Mereka kebobolan empat gol terlebih dahulu lewat Guendogan, Kevin De Bruyne, dan dua kali aksi Raheem Sterling. Adapun satu-satunya gol balasan baru tercipta pada injury time lewat Christian Eriksen.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.