Resmi: Premier League Gunakan VAR Musim Depan

Football5star.com, Indonesia – Banyaknya kontroversi yang terjadi Premier League musim ini akhirnya membuat pihak liga mengambil sikap tegas. Kompetisi tertinggi Inggris ini akhirnya resmi menggunakan VAR mulai musim depan.

Rencana penggunaan VAR ini juga sudah mendapat persetujuan 20 klub peserta Premier League. Keputusan ini tak lepas dari kesuksesan VAR selama dihelatnya Piala Dunia 2018 lalu.

Melalui rapat yang dilakukan pada Kamis (15/11/2018) pihak liga akhirnya mengesahkan teknologi yang pertama kali digunakan pada 2017 lalu itu.

@PremierLeague

“Klub Premier League telah setuju untuk memperkenalkan VAR di kompetisi musim 2019-2020. Pada rapat pemegang saham klub diberi pemberitahuan tentang uji coba VAR non-aktif yang akan dilakukan liga dan Pejabat Pertandingan Profesional (PGMOL),” demikian rilis resmi Premier League seperti dikutip dari Mirror, Kamis (15/11/2018).

“Pembelajaran utama dari penggunaan VAR di Piala FA, Carabao Cup, dan liga lainnya di seluruh dunia sudah dibahas secara rinci,” sambung pernyataan tersebut.

Lebih lanjut, pihak Premier League juga menegaskan bahwa pengujian non-live akan tetap diberlakukan di sisa musim ini. Mereka juga berencana akan mensosialisasikan penggunaan VAR ini kepada fans dan meminta rekomendasi ke FIFA.

“Program pengujian non-live Premier League akan tetap dilanjutkan di sisa musim ini dan kami akan melihat kembali pada laga akhir pekan. Kami juga akan mengkomunikasikan keputusan VAR ini kepada seluruh fans,” sambungnya.

“Selanjutnya kami akan secara resmi membuat permintaan kepada Dewan Asosiasi Sepak bola Internasional (IFAB) dan FIFA untuk menggunakan VAR musim depan,” tutup pernyataan resmi Premier League.

Dengan dipakainya VAR di Premier League maka lima liga top Eropa sudah memakai teknologi yang masih menimbulkan kontroversi ini. Sebelumnya Liga Italia, Liga Jerman, dan Liga Prancis sudah menggunakannya sejak musim lalu. Sedangkan Liga Spanyol baru musim ini.

Comments
Loading...