Footbal5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Aneh, Minim Cedera Tapi Chelsea Terpuruk

94

Kondisi Chelsea pada musim ini memang sungguh aneh. Di luar dugaan, performa sang juara bertahan ini sangat buruk. Padahal, para pemain The Blues minim cedera.

Menurut catatan PhysioRoom, hanya ada dua pemain Chelsea yang cedera. Mereka adalah Branislav Ivanovic dan Thibaut Courtois. Ivanovic terkena cedera hamstring sehingga diperkirakan akan absen hingga akhir bulan ini. Sementara itu, lutut Courtois yang cedera membutuhkan pemulihan hingga Desember nanti.

Dengan skuat yang nyaris lengkap, seharusnya manajer Jose Mourinho tidak memiliki masalah dalam meracik tim di Chelsea. Tapi, keuntungan itu tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh The Blues. Mereka malah terdampar di peringkat ke-16 klasemen sementara .

Perlu diketahui hanya Sunderland, Leicester City, dan Swansea City yang jumlah pemain cederanya setara atau di bawah The Blues. Sunderland dan Leicester memiliki dua kasus pemain cedera. Sedangkan hanya satu pemain Swansea yang memiliki masalah kebugaran fisik.

Problem cedera tidak bisa disepelekan oleh sebuah tim. Baru-baru ini, dokter tim Barcelona, Ricard Pruna menunjukkan korelasi antara tingkat cedera yang minim dengan peluang menjuarai Liga Champions. Semakin sedikit cedera otot menimpa sebuah klub, kesempatan meraih trofi juara Liga Champions bertambah besar.

Prinsip serupa sebenarnya berlaku di kompetisi mana pun. Jumlah cedera pemain yang tinggi akan mengganggu kinerja tim. Contoh nyata adalah nasib Newcastle United. Sebanyak 13 pemainnya cedera dan saat ini The Magpies terpuruk di dasar klasemen sementara .