Betapa Susah Jadi Kiper di Liverpool

0 542

Mantan kiper Liverpool, Jerzy Dudek, membeberkan betapa susahnya menjadi penjaga gawang di klub itu. Tekanan besar selalu ada di pundak kiper Liverpool, terlebih pada situasi sulit.

Demikian pula yang terjadi belakangan ini. Kiper Simon Mignolet terus menjadi sorotan karena tampil kurang bagus dan sering membuat kesalahan. Bahkan, Mignolet baru saja melakukan blunder fatal saat Liverpool ditahan seri Sunderland, Sabtu (6/2) lalu. Blunder itu membuat The Reds gagal menang.

Dudek menjelaskan bahwa menjadi kiper di Liverpool itu tidaklah mudah. Apalagi di momen sulit seperti sekarang, ketika Liverpool terpuruk di peringkat kesembilan Liga Inggris. Kesalahan kiper pasti akan disorot dan seringkali dijadikan kambing hitam atas rangkaian hasil buruk yang menimpa tim.

“Ekspektasi sangat tinggi saat anda bermain untuk Liverpool. Saat menang, anda tak akan melihat kiper. Namun saat kalah, kiper bakal disorot. Tekanan lebih besar saat tim tak meraih hasil positif. Liverpool sedang dalam tren yang kurang bagus. Jadi, tiap kesalahan kecil adalah kesalahan besar,” kata Dudek.

Dudek pun tak luput memberi nasihat untuk Mignolet. Menurut Dudek, kiper asal Belgia itu harus segera menampilkan performa terbaiknya agar bisa melalui momen buruk.

“Itulah kehidupan seorang penjaga gawang. Cara terbaik untuk melalui situasi buruk adalah dengan menghasilkan performa yang apik. Dari kesalahan-kesalahan yang dibuat, anda bisa belajar lebih banyak hal daripada yang anda dapat saat menang atau pada momen-momen indah,” tambah dia.