Tanpa Drum, Cech Tak Bakal Jadi Kiper Hebat

242

Petr Cech, kiper Arsenal, dikenal sebagai salah satu pemain sepak bola yang hobi bermain musik. Kiper asal Republik Ceska itu gemar dan lihai menabuh alat musik drum.

Di internet, video-video Cech yang tengah bermain drum bisa dengan mudah ditemukan. Mantan kiper Chelsea itu pernah memainkan lagu dari band Nirvana atau Foo Fighters. Bahkan, Cech pernah bermain drum bersama drummer Queen, Roger Taylor.

Ternyata, bakat main drum punya pengaruh dalam kehebatan Cech di bawah mistar gawang. Kiper 33 tahun itu menyebutkan berbagai keuntungan main drum terhadap karier sepak bolanya.

“Ada banyak sekali hal yang saya pelajari pada drum yang berguna saat menjaga gawang. Koordinasi mata dan tangan, serta pergerakan kaki dan tangan, sangat membantu,” tutur Cech.

“Drum mengajarkan kita untuk menggunakan keempat tungkai, yaitu tangan dan kaki, dengan cara berbeda-beda. Anda harus menemukan cara menyelaraskan banyak hal. Sekali Anda memprogram otak untuk bisa melakukannya, maka itu akan membantu menyelaraskan hal-hal lain, termasuk di sepak bola,” tutup dia.

Datang pada awal musim ini, Cech sudah mencatatkan enam clean sheet selama mengawal gawang Arsenal. Dia pun membuat rata-rata 3,1 penyelamatan di setiap laga.

Bersama Chelsea selama 11 musim, Cech menjelma menjadi kiper kelas dunia. Berbagai gelar telah dimenangkannya, mulai dari Liga Inggris sampai Liga Champions.