Bagi Pochettino, Marcelo Bielsa Adalah Segalanya

Football5star.com, Indonesia – Satu orang yang paling bahagia dengan keberadaan Marcelo Bielsa di Inggris adalah Mauricio Pochettino. Dua pelatih beda generasi ini memang punya hubungan luar biasa sejak pelatih Tottenham Hotspur itu masih remaja.

Seperti yang diketahui, Bielsa saat ini menangani Leeds United di Divisi Championship. Sedangkan Pochettino sudah lima tahun terakhir menukangi Spurs.

Menurut pengakuan pelatih asal Argentina ini, ia  tumbuh sebagai pemain dan pelatih berkat tempaan Bielsa. Salah satu memori yang tak pernah dilupakan adalah ketika sang mentor membawanya ke Newells Old Boys.

bielsa-pochettino
dailymail.co.uk

“Saya berusia 13 tahun ketika Bielsa dan Jorge Griffa membawa saya dari kota kecil bernama Murphy ke Newells. Dia memberi saya debut di tim utama saat itu. Dia seperti ayah bagi saya. Kebersamaan kami kemudian berlanjut di Espanyol dan timnas Argentina. Saya berutang segalanya pada Bielsa,” ujar Pocchetino seperti dilansir Daily Mail, Selasa (27/11/2018).

“Ketika saya masih muda, Bielsa bertanya apakah saya ingin menjadi pelatih dan saya menjawab ya. Dia kemudian memberi tahu saya ‘Mauricio, Anda perlu mengelola karier Anda dan jika ingin menjadi pelatih Anda harus melalukan dengan cara sendiri’,” ia menambahkan.

Mantan pelatih Southampton ini juga menambahkan bahwa Bielsa melarang dirinya untuk meniru gaya bermain pelatih lain. “Dia selalu bilang bahwa saya tidak boleh menyontek permainan pelatih lain. Saya dituntut untuk menemukan cara bermain sendiri melalui emosi dan perasaan,” sambungnya.

“Bielsa memenangkanmu dengan cara yang dia lakukan, dan dia tahu cara membuat Anda bersemangat. Itu hal terbaik yang dia berikan pada saya,” tutupnya.

Comments
Loading...