Peran Teknologi Garis Gawang di Balik Gol Vertonghen

Banner Footbal Live Star-Football5star

Football5Star.com, Indonesia – Bek Tottenham Hotspur, Jan Vertonghen, senang dengan penggunaan teknologi garis gawang yang membuat golnya ke gawang Newcastle United disahkan.

Tottenham Hotspur meraih kemenangan perdana di Liga Inggris 2018-2019 saat bertandang ke markas Newcastle United. Pada laga itu, gol pertama Tottenham Hotspur dicetak oleh Jan Vertonghen pada menit ke-8 dengan bantuan goal-line technology.

Berkat goal-line technology atau teknologi garis gawang, sundulan Jan Vertonghen dinyatakan sebagai sebuah gol. Bola sundulan bek asal Belgia itu membentur mistar sebelum ditepis oleh kiper Newcastle, Martin Dubravka. Namun, wasit Martin Atkinson menyatakan bola tersebut masuk dengan bantuan teknologi garis gawang yang ada di pergelangan tangan sang wasit.

@SpursOfficial

Vertonghen pun mengaku senang dengan penggunaan teknologi garis gawang yang baru diterapkan musim ini di Liga Inggris. Pasalnya, Vertonghen merasa kerap dirugikan oleh keputusan wasit yang menganulir gol karena pengamatan yang salah.

“Saya pantas mendapatkannya dan saya senang itu menjadi gol,” ujar Vertonghen dilansir Football5Star.com dari BBC.

“Sejak saya berada di sini, saya mencetak beberapa gol tetapi dianulir. Saya bahagia dengan teknologi garis gawang yang saat ini digunakan,” tutur eks pemain Ajax Amsterdam itu.

Vertonghen juga menyatakan ambisinya mencetak banyak gol untuk Tottenham Hotspur musim ini. Sejak bergabung dengan Tottenham pada 2012, bek 31 tahun itu telah mengemas 11 gol yang sebagian besar berasal dari sundulan.

“Mudah-mudahan saya bisa mencetak lebih banyak, mungkin lebih dari Dele Alli,” kata sang pemain menambahkan.

Tiga menit setelah gol Vertonghen, Newcastle menyamakan kedudukan melalui Joselu. Namun, Tottenham akhirnya mencuri tiga poin dari markas The Magpies setelah Alli mengubah skor menjadi 2-1 lewat golnya pada menit ke-18.

Comments
Loading...