Untuk Pertama Kalinya Musim Ini, Van Gaal Puji De Gea

0 174

Meski kerap jadi penyelamat untuk Manchester United, jarang sekali David De Gea dipuji manajernya Louis van Gaal. Namun, Van Gaal akhirnya melakukan itu usai melihat penampilan De Gea melawan Chelsea di Premier League.

Sejak musim panas lalu, De Gea memang menyedot fokus MU mengingat kasus transfernya ke Real Madrid yang berliku-liku dan akhirnya batal karena keterlambatan dokumen di pengujung bursa transfer. Setelah diistirahatkan di beberapa pertandingan awal musim ini, De Gea langsung berada di bawah mistar MU tak lama usai keruwetan transfernya tuntas.

Penampilan prima De Gea di bawah mistar ini jadi alasan mengapa MU bisa bertahan di papan atas meski kerap tampil angin-anginan. Dari total 21 kali tampil, De Gea membuat sembilan clean sheet dan hanya kebobolan 0,95 gol per laga. Selain itu, kiper asal Spanyol tersebut juga menciptakan rata-rata 2,48 penyelamatan per laga. Total hanya 20 gol bersarang di gawangnya.

Meski selalu tampil bagus dan jadi penyelamat MU, De Gea jarang sekali mendapat pujian dari Van Gaal, yang memang dikenal pelit melakukan hal seperti itu. Namun, selepas performa okenya saat mengimbangi Chelsea 1-1 di Stamford Bridge akhir pekan kemarin, Van Gaal mau tak mau langsung memujinya.

Dalam laga itu, De Gea membuat empat penyelamatan, termasuk menggagalkan dua tembakan jarak jauh Branislav Ivanovic dan Cesc Fabregas untuk menjadi gol.

“Saya harus katakan bahwa dia membuat dua penyelamatan gemilang! Saya juga sudah bilang beberapa kali bahwa dia juga harus menepis tembakan atau sundulan. Tapi kini dia sudah tampil luar biasa karena mereka nyaris saja mencetak banyak gol. Namun, dia mampu tampil fantastis,” ujar Van Gaal seperti dikutip Manchester Evening News.