Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Van Gaal dan Pemain-pemain MU yang Terbuang

167

Manajer Manchester United, Louis Van Gaal dikenal sebagai sosok pelatih yang keras dan tegas. Bahkan, ia tidak segan mendepak pemain bintang yang  tidak bisa mengikuti instruksinya. Pernyataan itu setidaknya diamini mantan gelandang Barcelona Xavi Hernandez.

Xavi memang sudah mengenal sosok Van Gaal sejak lama. Maklum, gelandang asal Spanyol tersebut pernah bermitra dengan Van Gaal selama dua setengah musim di Barcelona.

Ketika itu, Xavi menjadi salah satu pemain yang mampu bertahan dengan sifat keras pelatih asal Belanda itu. Berkat arahan Van Gaal, Xavi sukses menjadi pemain andalan Barcelona dan meraih gelar La Liga Spanyol, Copa Del Rey, dan Piala Super Eropa.

“Van Gaal tidak akan segan mendepak pemain dengan nama besar. Tidak peduli jika Anda adalah pemain terbaik di dunia. Jika ada pemain yang pantas disingkirkan, ia akan melakukannya,” ujar Xavi.

“Saya menghormati Van Gaal karena ia adalah pelatih jujur dan tegas. Saya senang berurusan dengan pelatih seperti itu. Tetapi, beberapa pemain akan sulit menerima kritikan kerasnya. Jika Anda bisa beradaptasi, Anda justru akan menjadi bertumbuh dan berkembang,” sambungnya.

Dua pemain sudah menjadi korban kerasnya sifat Van Gaal. Contoh teranyar dialami dua kiper United, David De Gea dan Victor Valdes. Keduanya sempat disimpan dan tidak dimainkan pada beberapa laga awal musim 2015-16 karena dirasa tidak serius membela Red Devils.

De Gea akhirnya bisa “selamat” setelah mau memperpanjang kontrak pada akhir bursa transfer musim panas lalu. Namun, nasib serupa tak dialami Valdes. Hingga saat ini, ia tidak pernah masuk dalam daftar skuat United.

Berikut daftar pemain yang dibuang Van Gaal selama melatih Manchester United:

Musim 2014-15:

Shinji Kagawa, Danny Welbeck, Davide Petrucci, Tom Lawrence, Michael Keane, Marnick Vermijl, Darren Fletcher, Wilfried Zaha, dan Anderson.

Musim 2015-16:

Tom Cleverley, Saidy Janko, Angelo Henriquez, Nani, Robin Van Persie, Reece James, Rafael, Angel Di Maria, Jonny Evans, Javier Hernandez, dan Anders Lindegaard