Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

West Ham yang Garang di Kandang Lawan

107

Adanya West Ham United di papan atas kini niscaya adalah kejutan di awal musim ini. Tapi, melihat performa mereka sejauh ini, khususnya di kandang lawan, The Hammers memang pantas ada di sana.

Kejutan West Ham sudah ditunjukkan sejak awal musim ini ketika mereka menang dua gol tanpa balas di kandang Arsenal, tim yang impresif di pramusim dan digadang-gadang jadi salah satu kandidat juara.

Tapi performa West Ham setelahnya menurun usai takluk dua kali di kandang sendiri, dari Leicester City dan Bournemouth. Di pekan keempat, West Ham lantas memberi kejutan lagi ketika Liverpool dihantam 0-3 di Anfield.

Baru di pekan kelima West Ham meraih kemenangan perdana mereka di kandang usai mengalahkan Newcastle United 2-0, sebelum sepekan setelahnya menang lagi 2-1 di kandang Manchester City, tim yang saat itu belum terkalahkan dan belum kebobolan sama sekali.

Dua hasil imbang berurutan didapat saat melawan Norwich City (kandang) dan Sunderland (tandang), sebelum meraih kemenangan 3-1 di markas Crystal Palace. Tiga poin itu menempatkan West Ham sementara di posisi keempat klasemen dengan 17 poin dari sembilan laga.

Dari 17 poin itu, 13 poin diraih West Ham di kandang lawan yang menjadikan mereka tim dengan rekor away terbaik. Dari lawatannya ke markas lawan, anak asuh Slaven Bilic itu bikin 12 gol dan hanya kebobolan empat gol.

Performa luar biasa di kandang lawan itu mau tak mau sudah bikin West Ham terkejut, sekaligus jadi anomali mengingat mereka belum bisa menghibur fans sendiri di Boleyn Ground.

Meski demikian, Bilic tetap meminta anak asuhnya agar tak jemawa karena fokus mereka tetap untuk finis setinggi mungkin demi bertahan di Premier League.

“Ekspektasi kami tetap untuk bertahan di liga. Ini masih awal musim. Sayangnya belum bulan Mei, masih Oktober,” ujar Bilic di Soccerway.

“Saya tidak tahu kami bakal finis posisi berapa musim ini, tapi harusnya sih bagus,” sambungnya.