Xavi: Rooney Bisa Kembali Moncer, Asal…

79

Striker Manchester United, Wayne Rooney gagal menunjukkan performa apik pada aw al musim 2015-16. Situasi ini mendapat sorotan dari legenda Barcelona, Xavi Hernandez. Menurut Xavi, Rooney punya potensi kembali ke puncak performa. Asal, ia mau kembali bermain sebagai gelandang.

“Saya pikir Rooney masih memiliki kesempatan. Tetapi, sudah waktunya ia harus beradaptasi. Ada saatnya, Anda tidak bisa bermain seperti posisi ketika masih muda, Anda tidak dapat menutupi turunnya kondisi fisik,” ujar Xavi.

“Tetapi, pemain cerdas dapat beradaptasi dalam situasi apapun. Saya tidak meragukan Rooney. Ia memiliki permainan yang sangat baik,” sambungnya.

“Mungkin sudah waktunya MU memberikan kesempatan untuk striker baru yang dapat bermain selama 90 menit. Rooney sekarang ini akan sangat berbahaya jika bermain lebih ke dalam. Ia memiliki visi dan karakter yang cocok untuk menjalankan peran sebagai gelandang,” papar Xavi.

“Jika ia bisa beradaptasi, ia pasti bisa melanjutkan kariernya dalam waktu lima atau enam musim lagi. Tapi, sebagai pemain Anda harus mengakui bahwa tubuh Anda akan berubah dan tidak bisa bermain seenerjik ketika masih muda,” tutup mantan pemain timnas Spanyol itu.

Rooney memang sempat diplot sebagai gelandang pada era kepelatihan Sir Alex Ferguson. Tugas itu kembali dilakoni Rooney pada masa awal kepelatihan Louis Van Gaal pada musim 2014—2015. Namun karena Red Devils kekurangan stok penyerang usai menjual Javier Hernandez, Danny Welbeck, dan Robin van Persie, Rooney kembali mengembang tugas sebagai penyerang.

Namun, performa Rooney ternyata tak sesuai harapan. Ia dinilai kurang tajam dan sering menyia-nyiakan peluang mencetak gol di kotak penalti lawan.

Data statistik mendukung analisis tersebut. Faktanya, Rooney mencetak delapan gol ketika berperan sebagai gelandang pada musim lalu.  Ketika diplot kembali sebagai striker pada musim ini, Rooney hanya mampu mencetak enam gol dari 14 penampilan di seluruh kompetisi.

You might also like More from author