Liga Italia Musim Ini Kemungkinan Besar Berlanjut Tanpa VAR

Football5star.com, Indonesia – Jika kompetisi musim ini kembali dilanjutkan, kemungkinan besar Liga Italia tidak akan menggunakan Video Assistant Referee (VAR). Hal tersebut diungkapkan oleh Presiden Asosiasi Wasit Italia (AIA), Marcello Nicchi.

Marcello Nicchi mengatakan kemungkinan tidak digunakan VAR karena dibutuhkan beberapa orang yang adal dalam sebuah ruangan kecil. Dengan kondisi Italia saat ini yang sedang dihantam corona, hampir tidak mungkin memaksakan teknologi tersebut.

“Tidak adanya VAR mungkin akan menjadi hal yang terpaksa harus kami lakukan. Seperti yang diketahui, VAR mengharuskan petugas berada dalam sebuah ruangan kecil, yang mana para operatornya berada dalam jarak yang sangat dekat satu sama lain,” ujar Nicchi kepada Domenica Sportiva, Kamis (9/4/2020).

marcello nicchi-arrezo notizie
Arrezo Notizie

“Kita tidak ada yang tahu ke mana saja mereka pergi sebelum bertugas. Jadi, ada risiko penularan karena mereka bekerja tidak dalam jarak aman. Tentu saja saya berharap itu tidak terjadi. Tapi da kemungkinan solusi ini harus diambil jika Serie A bergulir lagi,” sambungnya.

Mantan wasit profesional ini menambahkan bahwa dirinya dan federasi ingin mementingkan keselamatan dibanding harus memaksakan peraturan yang bisa berdampak fatal.

“Keputusan akhir tetap berada di tangan FIGC. Saya pribadi berharap tidak ada peraturan yang berubah. Tapi kita harus sadar bahwa ini soal keselamatan dan kesehatan banyak orang. Itulah yang paling pentin sekarang,” tutup Marcello Nicchi.