Liga Italia, Rumah Para “Penyelam”

Pelatih Inter Milan, Roberto Mancini, melontarkan kritik tajam kepada wasit-wasit di Liga Italia. Kritik itu tak lepas dari kekecewaan Mancini terhadap performa wasit Daniele Orsato di laga antara Inter dan Napoli, Senin (30/11), di pekan ke-14 Liga Italia.

Menurutnya, para wasit di Italia seringkali meniup peluit terlalu cepat.Mancini menilai kebiasaan itulah yang menjadikan Liga Italia sebagai rumah para ‘penyelam’, maksudnya terlalu sering aksi diving terjadi di Italia.

“Beberapa pemain cenderung untuk melakukan diving dan berpura-pura. Bahkan tidak hanya di dalam kotak penalti. Liga ini adalah rumah para divers karena wasit meniup peluit pada kontak fisik pertama,” kata Mancini.

Mancini juga mengkritik wasit-wasit di Italia yang terlalu enteng dalam mengeluarkan kartu dari sakunya.

“Di Italia, wasit meniup peluit dan Anda mendapat kartu kuning karena entah apa. Ini semua salah dan wasit harus belajar untuk lebih sedikit meniup peluitnya, tentu saja tanpa dipengaruhi publik. Sayangnya hal ini selalu menjadi problem di Liga Italia,” lanjut dia.

“Di Inggris dan liga lain yang lebih keras, meski saya tak punya statistiknya, saya pikir ada sedikit lebih banyak kartu merah. Sebelum memberi kartu kuning atau mengusir pemain, wasit Italia harus memastikan pelanggaran itu benar-benar pantas diganjar kartu,” tutup Mancini.

Pada laga kontra Napoli, Inter dirugikan karena Yuto Nagatomo mendapatkan kartu merah dari wasit Orsato. Akibatnya, Napoli jadi bisa mengendalikan permainan.

Comments
Loading...