Chievo Dihukum Pengurangan 3 Poin di Serie A

Banner Footbal Live Star-Football5star

Football5star.com, Indonesia – Seperti kami beritakan kemarin terkait kasus hukum Chievo, kini mereka resmi mendapat sanksi. Namun, tak seperti tuntutan FIGC dan jaksa penuntut yang meminta pengurangan 15 poin, klub yang dominan dengan warna kuning ini ‘hanya’ dihukum pengurangan 3 poin. Palu keputusan ini sendiri sudah diketuk oleh Tribunale Federale Nazionale.

“Tribunale Federale Nazionale (TFN), dipimpin oleh Cesare Mastrocola, sudah memutuskan akan mengabulkan tuntutan dari jaksa. Hukuman itu sendiri berupa sanksi pemotongan tiga poin untuk Chievo di musim ini dan denda sebesar 200 ribu euro,” begitu rilis resmi Komite Disiplin FIGC.

“TFN juga memberikan sanksi kepada Presiden klub, Luca Campedelli, dengan larangan beraktivitas di sepak bola selama tiga bulan. Selain itu hukuman 1 bulan 15 hari diberikan kepada penasihat klub, Piero dan Giuseppe Campedelli, serta Michele dan Antonio Cordioli,” lanjut dari rilis resmi Komite Disiplin.

Chievo
Foto: worldfootball.net

Chievo sendiri diberi hukuman tentang pembuatan laporan keuangan fiktif. Di awal Agustus, FIGC sudah melakukan penyelidikan mendalam terkait dugaan laporan fiktif ini. Di laporan tersebut kemudian ditemukan beberapa fakta bahwa Chievo melaporkan hal fiktif. Salah satu faktanya juga melibatkan Cesena.

Bulan lalu, tuntutan baru sudah dilayangkan kepada Chievo. Dan kemarin (12/9) malam waktu Indonesia, jaksa penuntut yang diwakili oleh Giuseppe Pecoraro sudah mengajukan tuntutannya. Tuntutan itu sendiri berupa pengurangan poin sebanyak 15 angka di musim ini dan larangan 36 bulan bagi Presiden klub, Luca Campedelli.

Laporan keuangan fiktif itu dilakukan Chievo untuk memberi kamuflase soal keuntungan senilai 25 juta euro. Keuntungan senilai itu diperlukan manajemen untuk bisa mendaftarkan diri ikut berkompetisi di Serie A musim 2018/2019. Masalahnya, upaya melakukan laporan fiktif itu terendus karena Cesena bangkrut.

Hukuman ini sendiri lebih ringan dari tuntutan jaksa. Namun, karena pengurangan 3 poin, poin Chievo menjadi -2 setelah 3 laga awal Serie A berjalan. Dan kini, Flying Donkey makin terbenam di dasar klasemen.

Comments
Loading...