CIES: Transfer Cristante Lebih Baik Dibanding Cristiano Ronaldo

Banner Footbal Live Star-Football5star

Football5star.com, Indonesia – Pembelian Bryan Cristante oleh AS Roma dari Atalanta masuk tiga besar pembelian terbaik menurut CIES. Mereka juga merilis bahwa Cristiano Ronaldo, yang dibeli Juventus dari Real Madrid, masih masuk di daftar 10 besar.

Daftar transfer terbaik ini dinilai dari jumlah nilai yang dibayarkan suatu klub. Bila nilainya ada di bawah nilai pasar atau nilai valuasi pemain menurut CIES, itu termasuk transfer terbaik. Ini yang kemudian disebut CIES sebagai fair price karena jarak antara nilai pasar dan nilai yang akhirnya dikeluarkan tak terlalu jauh.

Sebagai contoh, Cristante didatangkan Roma dengan nilai 30 juta euro. Sementara menurut CIES, valuasi eks gelandang AC Milan itu ada di angka 49 juta euro. Pembelian terbaik sendiri ada di Real Madrid yang sukses datangkan Thibaut Courtois dari Chelsea. Nilai 40 juta euro dianggap bargain karena valuasi Courtois setelah Piala Dunia 2018 adalah 62.6 juta euro.

CIES
Foto: zimbio.com

Serie A sendiri banyak menghiasai 10 besar transfer terbaik versi CIES musim ini. Radja Nainggolan yang hijrah ke Internazionale Milano dari AS Roma ada di peringkat 6 dengan nilai 40 juta euro. Sementara Ronaldo ada di daftar nomor 8 karena nilai 116 juta yang dibayarkan Juventus masih di atas valuasi Ronaldo di angka 105 juta euro.

Di sisi lain, ada tim yang melakukan transfer buruk seperti misalnya Chelsea. The Blues menebus Kepa Arrizabalaga dari Athletic Bilbao dengan harga 80 juta euro. Padahal menurut CIES, banderol Kepa harusnya berkisar di 35 juta euro saja. Selain itu, AS Roma juga sedikit merugi karena menjual Allison Becker ke Liverpool dengan harga sedikit lebih murah dari banderol. Allison divaluasi di angka 79 juta, sementara Il Lupi menjualnya ke Inggris ‘hanya’ seharga 72,5 juta euro

Comments
Loading...