FIGC: Chievo Dituntut Pengurangan 15 Poin

Banner Footbal Live Star-Football5star

Football5star.com, Indonesia – Kabar buruk berembus dari klub peserta Serie A, Chievo Verona. Klub berjuluk Flying Donkey ini berada di ambang nasib buruk terkait pengurangan poin sebanyak 15 angka. Hal ini dikarenakan manajemen klub tersebut memberikan laporan keuangan fiktif kepada FIGC.

Penyelidikan sendiri sudah dimulai sejak akhir Juli 2018 lalu. Di awal Agustus, FIGC sudah melakukan penyelidikan mendalam terkait dugaan laporan fiktif ini. Di laporan tersebut kemudian ditemukan beberapa fakta bahwa Chievo melaporkan hal fiktif. Salah satu faktanya juga melibatkan Cesena.

Bulan lalu, tuntutan baru sudah dilayangkan kepada Chievo. Dan per hari ini, jaksa penuntut yang diwakili oleh Giuseppe Pecoraro sudah mengajukan tuntutannya. Tuntutan itu sendiri berupa pengurangan poin sebanyak 15 angka di musim ini dan larangan 36 bulan bagi Presiden klub, Luca Campedelli.

Chievo
Foto: worldfootball.net

Laporan keuangan fiktif itu dilakukan Chievo untuk memberi kamuflase soal keuntungan senilai 25 juta euro. Keuntungan senilai itu diperlukan manajemen untuk bisa mendaftarkan diri ikut berkompetisi di Serie A musim 2018/2019. Masalahnya, upaya melakukan laporan fiktif itu terendus karena Cesena bangkrut.

Bangkrutnya Cesena ini membuat bobrok Chievo terungkap. Di laporannya, manajemen melaporkan transaksi transfer dengan Cesena yang membuat klub yang identik dengan warna kuning itu mendapat untung 25 juta euro. Kenyataannya, transfer itu tak pernah ada sebab Cesena akhirnya bangkrut.

Bila tuntutan dari FIGC dikabulkan oleh hakim, bisa dipastikan klub dari kota Verona itu akan dikurangi 15 poin dari musim ini. Setelah tiga laga Serie A, Flying Donkey terpuruk di posisi 20 dengan poin 1 hasil dari dua kali kalah dan sekali imbang. Bila hukuman pengurangan poin diaplikasikan, poin Chievo akan jadi -14.

Comments
Loading...