Footbal5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Hak Siar Serie A Lewati Bundesliga

224

Football5Star.com, Indonesia – Klub-klub Serie A bisa mengumbar senyum. Pasalnya, mulai musim depan, mereka akan mengantongi uang lebih banyak dari hak siar televisi. Seperti dilansir Calcio e Finanza, untuk periode 2018 hingga 2021, hak siar global Serie A dipegang oleh IMG dengan nilai 371 juta euro per musim. Itu membuat hak siar Serie A lewati hak siar Bundesliga.

Nilai untuk tiga musim itu nyaris dua kali lipat dari saat ini. Sejak 2015, MP & Silva hanya mengeluarkan uang 190 juta euro per musim. Itu di bawah nilai hak siar Bundesliga yang sejak tahun ini sebesar 240 juta euro per musim.

calcioefinanza.it

Presiden Federazione Italiana Giuoco Calcio (FIGC) Carlo Tavecchio menyambut gembira kesepakatan yang terjadi. “Kami telah menunjukkan nilai sepak bola Italia dengan melipatgandakan nilai jual Lega Serie A dari penjualan terakhir,” kata dia seperti dilansir Sport Business, Rabu (11/10/2017).

Lebih jauh, Tavecchio menambahkan, “Nilai kompetisi Italia telah naik dengan sangat memuaskan. Di atas itu semua, 18 klub telah sepakat bulat. Kami sekarang telah mencapai standard Eropa, sejajar dengan liga-liga besar lain.”

Meskipun telah melewati Bundesliga, hak siar Serie A masih terpaut jauh dari La Liga dan Premier League. Nilai hak siar La Liga untuk periode 2016-2019 sebesar 636 juta euro per musim. Adapun nilai hak siar Premier League lebih gila lagi, 1,3 miliar euro per musim untuk periode 2016-2019.