Inter Mengubah Hidup Kanu

Banner Footbal Live Star-Football5star

Football5star.com, Indonesia – Nwankwo Kanu merasa perpindahannya dari Ajax Amsterdan ke Inter Milan di musim 1996 -97 membuat hidupnya berubah. Kanu saat menjalani tes medis divonis mengidap penyakit jantung.

Pemilik 20 penampilan bersama Inter ini harus absen selama semusim. Hal ini dilakukan setelah ia melakukan operasi penggantian aortic valve dan baru bisa bermain lagi di musim selanjutnya.

“Mereka (Inter) melaporkan bahwa saya memiliki masalah dengan jantung dan mereka menyebut saya tak dapat bermain sepak bola lagi. Kabar tersebut juga tersebar di media massa di Italia. Saya pun mengetahuinya lewat berita. Hingga kemudina pihak Inter datang dan memberitahu kondisi aslinya,” ucapnya dikutip Football5star dari The Guardian.

Berita tersebut diterima dengan lapang dada oleh Kanu. Kejadian itu membuat dirinya menjadi lebih kuat dibanding sebelumnya.

“Apa yang saya alami itu membuat saya lebih kuat. Tak ada ujian yang lebih besar daripada ketika Anda berada dalam situasi antara hidup dan mati. Jika Anda terbebas dari sana (situasi hidup dan mati), Anda bisa menyelesaikan masalah apapun.”

Hal itu pula yang mendorong dirinya untuk membantu sesama. Ia memilih untuk membantu anak-anak kecil yang ia rasa terlalu sakit untuk menerimanya sendiri.

“Saya tahu rasa sakitnya, jadi bayangkan bagaimana rasanya ketika itu dialami oleh anak-anak. Sulit bagi mereka untuk menerimanya.”

Ia pun memberikan saran untuk klub-klub sepak bola. Ia tak mau lagi ada kejadian pesepak bola yang meninggal karena penyakit jantung.

“Kita semua ingat Marc Vivien-Foe yang meninggal saat bermain ini. Klub-klub dan federasi harus serius melakukan tes medis kepada para pemain. Ini selalu saya ucapkan karena mungkin saya salah satu dari mereka jika masalah saya tak diketahui saat tes medis di Inter.”

Comments
Loading...