Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Korea Utara Larang Pemainnya Muncul di Televisi

274

Football5star.com, Indonesia – Pemerintah Kore Utara melarang pemainnya yang merumput di klub Italia, Han Kwang-song, untuk muncul di televisi. Han sejatinya merupakan penyerang tim kontestan Serie A , Cagliari. Namun, bulan lalu, pihak klub mengirimnya ke Serie B untuk merumput bersama Perugia.

Dikutip La Stampa, pihak klub mendapat telepon dari Pyongyang, yang meminta pemain berusia 19 tahun tersebut untuk tidak diwawancarai televisi setempat. Korea Utara memang terkenal memiliki aturan ketat terhadap seluruh warga negaranya, tak terkecuali bagi mereka yang bermukim di luar negeri.

Ketegangan yang menyelimuti negara Semenanjung Korea tersebut membuat pihak pemerintah menutup rapat-rapat segala informasi, termasuk dari Han. Sebagai pemain yang merumput di luar negeri, dirinya menjadi sasaran empuk para pewarta berita untuk dimintai pendapat mengenai situasi terkini.

Jika melanggar, bukan hanya Han yang berada dalam bahaya, keluarganya di Korut juga akan dibayang-bayangi hukuman dari pemerintah setempat yang tidak kenal ampun. Bahkan, kabar yang beredar, para penggawa Korut yang berlaga dari Piala Dunia 2010, harus menjalani kerja paksa usai dibantai 0-7 oleh Portugal.

Bukan kali ini saja sepak bola Italia berurusan dengan Korea Utara. Beberapa musim lalu, Fiorentina terpaksa memutus kontrak pemainnya, Choe Song-hyok. Keputusan La Viola mengakhiri kerja samanya dengan Choe karena disinyalir, 70 persen gajinya masuk ke rekening pemerintah rezim Kim Jong-un.

Hal tersebut langsung mengundang reaksi dari FIGC selaku otoritas tertinggi sepak bola negeri pizza. Pihaknya langsung menyelidiki kebenaran kabar tentang gaji Choe tersebut. Namun, hingga kini kasusnya dibiarkan mengambang begitu saja tanpa ada kejelasan.