Lawan AC Milan, Buffon Berpotensi Pecahkan Rekor Clean Sheet Serie A

425

Football5star.com, Indonesia – Gianluigi Buffon berada di ambang rekor baru ketika Juventus melakoni bigmatch melawan AC Milan di J-Stadium, Turin, Sabtu (31/3/2018) atau Minggu dini hari WIB. Kiper Juventus tersebut berpotensi memecahkan rekor clean sheet di Serie A atas namanya sendiri.

Namun, ada syarat bagi Buffon untuk menorehkan tinta emas tersebut. Selain mendapat jatah bermain, Buffon juga tidak boleh kebobolan selama 43 menit sehingga terciptalah rekor baru tersebut.

Performa Juventus sejak pergantian tahun sangat impresif. Mereka tak pernah kemasukan satu gol pun dalam ajang Liga Italia sepanjang tahun 2018 dan gawang Si Nyonya Besar hanya kebobolan satu kali sejak kalah 2-3 melawan Sampdoria pada 19 November tahun lalu. Itu terjadi ketika Juventus menang 3-1 atas Verona.

Akan tetapi, bukan Buffon yang mengawal gawang Bianconeri dalam dua pertandingan tersebut karena Wojciech Szczesny yang mendapat kepercayaan tampil. Namun selama dikawal Buffon, gawang Juventus tak pernah kebobolan dalam 10 pertandingan beruntun sehingga dia bisa menjaga clean sheet selama 931 menit.

Ketika Juventus bermain 0-0 melawan SPAL di Stadio Paolo Mazza, Sabtu (17/3/2018), Buffon kembali mengalahkan rekor Sebastian Rossi yang terjadi pada musim 1993-94. Kala itu, penjaga gawang Milan tersebut tidak kebobolan selama 929 menit.

Kini, Buffon berpeluang membuat rekor baru untuk memecahkan torehannya sendiri yang tercatat pada musim 2015-16. Saat itu, Buffon tidak kebobolan selama 972 menit sebelum Andrea Belotti mengakhirinya dalam Derby della Mole.

Jika tampil sejak menit pertama dan gawangnya tidak bobol hingga menit ke-43, Buffon akan membuat rekor baru clean sheet dalam Serie A. Namun, catatan rekor Buffon ini masih setengah dari pencapaian kiper Vasco da Gama, Pereira de Matos, yang membuat rekor clean sheet selama 1816 menit pada musim 1992-93.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.