Pjanic, Penendang Bebas Terbaik Eropa

Miralem Pjanic - AS Roma (Dok. Zimbio)

Gelandang AS Roma, Miralem Pjanic, menjadi penendang bebas terbaik dari lima liga besar di Eropa musim ini.

Tendangan bebas Pjanic mampu membuka keunggulan Roma ketika mereka berhasil mengalahkan Empoli dengan skor 3-1 dalam laga lanjutan Liga Italia pada hari Sabtu (17/10) kemarin.

Berkat gol tersebut, Pjanic merupakan satu-satunya pemain yang mampu mencetak tiga gol dari tendangan bebas di musim ini, mengalahkan Christian Eriksen dari Tottenham Hotspur dan Willian dari Chelsea yang baru mencetak dua gol.

Pjanic mengaku bahwa kemampuannya mengeksekusi tendangan bebas terinspirasi dari Juninho Pernambucano. Maklum, kedua pemain tersebut memang pernah sama-sama membela Olympique Lyon pada tahun 2008.

“Guruku adalah Juninho, tetapi tendangan bebasnya berbeda dariku. Ia mampu membuat bola bergerak bebas di udara seperti (Andrea) Pirlo,” ujar Pjanic kepada Gazzetta World.

“Aku sering melatih tendangan bebasku dalam sesi latihan untuk meningkatkan akurasi tendanganku,” tambah dirinya.

“Aku tidak pernah memfokuskan berlatih pada arah tendangan karena semua berada di dalam otakku,” tuntasnya.

Sejak tiba di Roma dari Lyon pada tahun 2011 dengan nilai transfer sekitar 7,8 juta Poundsterling, Pjanic telah mencetak 10 gol dari tendangan bebas. Jumlah tersebut hanya kalah dari Pirlo yang mencetak 12 gol.

Pjanic sendiri tengah menunjukkan performa impresif bersama Il Lupi musim ini. Dari tujuh penampilannya bersama Roma di Liga Italia, Ia sudah menyumbangkan empat gol dan empat assist.

BERITA TERKINI