Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Tiga Juara Dunia 2006 Resmi Kantongi Lisensi Pelatih

261

Football5Star.com, Indonesia – Tiga juara dunia 2006, yakni Luca Toni, Mauro Camoranesi, dan Marco Amelia, resmi mengantongi lisensi pelatih. Ketiganya pada Jumat (15/12/2017) dinyatakan lulus dalam ujian akhir yang dilakukan di pusat pendidikan pelatih di Coverciano, Italia.

Ketiga mantan penggawa Gli Azzurri tersebut mendapatkan lisensi UEFA A setelah menjalani program pelatihan selama 210 jam yang khusus diadakan bagi para mantan pemain dengan pengalaman setidaknya tujuh musim berlaga di Serie A. Bersama tiga juara dunia 2006 itu, ada enam sosok lain yang juga dinyatakan lulus. Mereka adalah Amantino Mancini, Marco Cassetti, Fabio Galante, Morgan De Sanctis, Cristian Chivu, dan Angelo Palombo.

Sembilan eks pemain berhasil kantongi lisensi UEFA A.
Twitter @figc

Berbekal lisensi UEFA A ini, kesembilan pelatih baru tersebut bisa sah menangani tim junior, termasuk Primavera. Selain itu, mereka juga bisa menjadi pelatih kepala di tim-tim yang berlaga di Serie C ke bawah. Adapun untuk di Serie B dan Serie A, mereka hanya bisa menjadi asisten pelatih. Untuk jadi pelatih kepala, Toni cs. harus mengantogi lisensi UEFA Pro.

“Sepak bola adalah salah satu hasrat terbesar saya. Setelah pengalaman (sebagai direktur olahraga) di Verona, saya memutuskan untuk mengambil lisensi pelatih. Ini agar saya punya lebih banyak opsi dan kemungkinan untuk karier ke depan,” tutur Toni saat diwawancara oleh t-online.de.

Lisensi UEFA A yang baru diperolehnya juga bisa menjadi senjata andalan untuk mewujudkan ambisi Toni membangkitkan kembali sepak bola di kampung halamannya, Modena. Bukan tak mungkin, striker juara dunia 2006 tersebut akan menjadi pelatih klub itu bila Wali Kota Modena berhasil menemukan pemilik baru bagi klub yang dinyatakan bangkrut oleh FIGC tersebut.