Liga Jepang Sudah Perbolehkan Suporter Datang ke Stadion

Football5star.com, Indonesia – Liga Jepang akhirnya memperbolehkan para suporter datang ke stadion untuk mendukung tim kesayangan mereka. Kebijakan ini sudah berlaku sejak 10 Juli lalu.

Pertandingan kasta kedua Liga Jepang, J2 League, antara Fagiano vs Giravanz jadi laga perdana yang memperbolehkan kehadiran suporter di stadion. Sedangkan di J1 League, laga perdana yang berlangsung dengan penonton adalah Kawasaki Frontale melawan Kashiwa Reysol pada Sabtu (11/7/2020).

Dengan kata lain, semua laga pekan keempat J1 League sudah berlangsung dengan penonton. Kendati sudah memperbolehkan kehadiran penonton, orotitas Liga Jepang tetap memberlakukan peraturan yang sangat ketat.

@J_League_En

Tiap stadion hanya memperbolehkan lima ribu penonton saja. Seluruh penonton juga diwajibkan memakai masker dan menjaga jarak sosial di tribun.

Kehadiran suporter di stadion juga akan terus dilonggarkan. Bahkan mulai 1 Agustus mendatang otoritas Liga Jepang sudah mengizinkan para suporter mengisi setengah dari kapasitas stadion.

Hadirnya fan di stadion berdampak positif untuk Kawasaki Frontale. Di hadapan pendukungnya mereka menang 3-1 atas Kashiwa Reysol.

Adapun keberanian Liga Jepang memperbolehkan kedatangan fan di stadion tak lepas dari pernyataan resmi pemerintah terkait kegiatan olahraga di sana. Ya, pemerintah baru-baru ini melakukan pertemuan dengan salah satu keputusannya pelonggaran peraturan terkait pandemi corona.

Tapi di sisi lain, keputusan ini bisa jadi momok baru. Pasalnya Jepang disebut-sebut akan menghadapi gelombang kedua pandemi corona.

j-leagueliga jepang