Liga Jerman: Hasil-Hasil Dramatis pada Pekan Terakhir Bundesliga 1

Football5star.com, Indonesia – Pekan terakhir Bundesliga 1 2016-2017 pada Sabtu (20/5) menghadirkan beberapa drama menarik dan menegangkan.

Dua di antaranya adalah kepastian Borussia Dortmund lolos ke fase grup Liga Champions, dan selamatnya Hamburger SV dari ancaman play-off degradasi-promosi.

Memang, Bayern Munich sudah dipastikan menjadi juara Bundesliga 1 untuk musim kelimanya secara beruntun. Sementara, RB Leipzig pun sudah tak tergusur dari peringkat kedua. Selain itu, status Ingolstadt dan Darmstadt sebagai calon peserta Bundesliga 2 pada musim depan pun sudah sah.

Namun, ada tiga ketegangan yang tersaji pada spieltag 34, yakni di papan atas melibatkan Dortmund serta Hoffenheim, serta tiga klub yang memperebutkan zona Liga Europa. Lalu di papan bawah antara Hamburger SV dan VfL Wolfsburg.

Dua tim di papan atas masih berjibaku memperebutkan tiket otomatis ke fase grup Liga Champions. Dortmund di atas angin karena hingga pekan ke-33 menempati peringkat ketiga, atau batas akhir tiket ke fase grup Liga Champions.

Namun, peluang Hoffenheim sejatinya masih terbuka dengan harapan menang di laga terakhir, sedangkan Dortmund tergelincir. Akan tetapi, harapan itu gagal terlaksana. Dortmund justru menang dramatis atas Werder Bremen dengan skor 4-3 di Stadion Signal Iduna Park, Sabtu (20/5).

Marco Reus dan Pierre-Emerick Aubameyang menjadi pahlawan dengan masing-masing mencetak dua gol. Sementara, tiga gol Bremen dibagi rata oleh Zlatko Junuzovic, Fin Bartels, dan Max Kruse.

Hoffenheim sendiri menutup musim dengan hasil imbang 0-0 saat menjamu Augsburg. Alhasil, Dortmund berhak lolos langsung ke fase grup Liga Champions menemani Bayern dan Leizig dengan mengantongi poin akhir 64. Hoffenheim harus puas menuju play-off Liga Champions.

Sementara, Koeln secara dramatis juga berhasil merangsek naik ke peringkat kelima sekaligus merebut tiket fase grup Liga Europa usai menang 2-0 atas FSV Mainz 05. Hertha BSC yang kalah 2-6 dari Bayer Leverkusen, terpaksa menempati peringkat keenam dan harus lewat jalur play-off untuk tampil di Liga Europa. Nasib lebih miris dialami Freiburg, yang harus terdepak dari zona Liga Europa usai kalah 1-4 dari Bayern.

Duel tak kalah menarik antara Hamburg dan Wolfsburg dalam memperebutkan tiket bertahan di Bundesliga 1. Sebenarnya, Wolfsburg di atas angin karena menempati peringkat ke-15, di atas Hamburg yang lama berkutat di zona play-off degradasi. Namun, perjumpaan lagsung kedua tim pada pekan terakhir menjadi pertaruhan nasib.

Hasil akhirnya sungguh dramatis. Sempat tertinggal 0-1 usai Wolfsburg mencetak gol pada menit ke-23 melalui Robin Knoche, Hamburg memaksa skor imbang 1-1 pada babak pertama lewat gol Filip Kostic.

Hamburg akhirnya berhasil mengalahkan Wolfsburg dengan skor 2-1 di Volksparkstadion melalui gol Gian-Luca Waldschmidt dua menit jelang laga bubaran, sekaligus memastikan diri selamat dari ancaman degradasi.

Sementara, Wolfsburg terpaksa turun ke peringkat ke-16 guna menjalani play-off promosi-degradasi dengan tim peringkat ketiga Bundesliga 2. Jika kalah, Wolfsburg akan menyusul Ingolstadt dan Darmstadt yang sudah lebih dahulu memastikan turun kasta.

Pada pekan terakhir ini, Aubameyang berhasil mengunci predikat top skorer Bundesliga 1 2016-2017 berkat koleksi 31 gol. Bertak tambahan dua gol, penyerang asal Gabon itu berhasil unggul atas striker Bayern, Robert Lewandowski, yang mengumpulkan 30 gol.

Rekapitulasi Bundesliga 1 musim 2016-2017:

Juara: Bayern Munich
Tiket Fase Grup Liga Champions: RB Leipzig, Borussia Dortmund
Tiket Play-off Liga Champions: Hoffenheim
Tiket Fase Grup Liga Europa: FC Koeln
Tiket Play-off Liga Europa: Hertha BSC
Play-off Promosi-Degradasi: VfL Wolfsburg
Degradasi: Ingolstadt, Darmstadt
Top Skorer: Pierre-Emerick Aubameyang (31 gol)

Comments
Loading...