Liga Jerman: Musuh Baru Bayern Bernama RB Leipzig

Football5star, Indonesia – Bukan Bayern Munich, bukan pula Borussia Dortmund yang kini memuncaki klasemen Bundesliga. Tapi tim promosi bernama Red Bull Leipzig.

Jika bicara Bundesliga dalam 5-6 tahun terakhir ini maka hanya ada nama Bayern dan Dortmund yang bergantian jadi penguasa liga tersebut. Bayern bahkan sudah empat musim terakhir selalu mengakhiri musim jadi juara.

Dortmund yang sempat dua musim beruntun, 2011 dan 2012, menguasai Bundesliga pun kalah bersaing dengan kekuatan uang dari Bayern. Mereka paling mentok hanya jadi runner-up.

Tapi kondisinya berbeda setidaknya di awal musim 2016/2017 ketika ada klub yang tiba-tiba menyeruak ke papan atas dan bahkan menguasai klasemen. Lebih mengejutkan ketika klub itu berstatus tim promosi.

Klub itu bernama RB Leipzig yang tampil sensasional di musim pertamanya bermain di Bundesliga. Anak asuh Ralph Hasenhuettl itu berada di posisi pertama lewat performa yang luar biasa.

Kemenangan 4-1 di kandang Freiburg, Sabtu (26/11/2016) dinihari WIB tadi, membuat Leipzig kini memilik 30 poin dari 12 pertandingan, unggul enam angka dari Bayern di posisi kedua dan sembilan angka dari Dortmund di posisi ketiga.

Hebatnya Leipzig bahkan belum pernah tersentuh kekalahan sama sekali, dengan 9 kemenangan serta tiga hasil seri. Salah satu kemenangan itu didapat atas Dortmund dengan skor 1-0 di pekan kedua.

Leipzig kini tinggal menghadapi Bayern di pekan ke-16 yang merupakan laga terakhir sebelum libur musim dingin.

“Leipzig menang 4-1, kini kami punya musuh baru selain Dortmund yang bisa kami serang,” ujar Presiden Bayern, Uli Hoeness, seperti dikutip Soccerway.

“Jika kami boleh jujur maka kami harus bisa memotivasi diri kami sendiri seperti tahun lalu. Ini saatnya ada klub baru yang bisa memberi tantangan untuk kami,” sambungnya.

“Leipzig sangat lapar, tim yang masih muda; Hasenhuettl adalah pelatih luar biasa, kami kenal dia sejak di Bayern (pelatih Austria itu menutup kariernya di tim Bayern Munich II).”

“Tapi semakin lama saya memikirkan itu, tampaknya semakin menyenangkan,” tutup Hoeness.

Comments
Loading...