Liga Jerman: Rahasia Heynckes Bangkitkan Para Pemain

Football5Star.com, Indonesia – Jupp Heynckes telah melakukan pekerjaan luar biasa. Dalam dua bulan, dia sanggup membawa Bayern Munich kembali ke statusnya sebagai calon juara Liga Jerman. Bukan hanya itu, dia pun sanggup menyulap para pemain yang tadinya tampil buruk menjadi luar biasa.

Perubahan paling mencolok tentu saja Sven Ulreich yang menjadi pengganti Manuel Neuer di bawah mistar gawang. Juga James Rodriguez yang kesulitan beradaptasi dengan kultur dan suasana baru di Jerman. Belakangan, sentuhan Heynckes juga membuat Kingsley Coman berkibar. Begitu pula Coretin Tolisso yang sempat terpinggirkan saat Don Jupp datang.

Jupp Heynckes bersama kiper Sven Ulreich.
sportschau.de

Mengenai keberhasilan itu, sebuah penjelasan datang dari Direktur Olahraga VfB Stuttgart Michael Reschke. Menurut dia, salah satu keistimewaan Heynckes memang dalam menyelami kejiwaan pemain. Dari situlah, kata dia, dia mampu memberikan dukungan yang jelas bagi sang pemain.

“Dia punya bakat menyelami orang. Dia itu orang yang sangat mampu memahami orang dengan sangat baik,” terang Reschke kepada Sport 1, Jumat (8/12/2017). “Dia bisa mendongkrak kepercayaan diri, menganalisis secara jelas kekuatan dan kelemahan setiap pemain, dan lalu membimbing pemain ke arah yang tepat. Dia itu pelatih yang luar biasa.”

Hal itu diakui James. Sejak awal, Heynckes coba meyakinkan sang pemain untuk berkembang. Di beberapa konferensi pers, dia selalu mengatakan soal kemampuan James. Selain itu, Don Jupp juga mampu mengidentifikasi bahwa kesulitan pemain asal Kolombia itu hanya soal bahasa.

“Kamu hanya bisa bersyukur ketika memiliki pelatih yang bisa berbicara denganmu dalam bahasa ibumu. Itu membuat segalanya jadi lebih mudah, baik soal taktik maupun hal-hal keseharian. Kadang aku tak mengerti, tapi dia lantas menjelaskannya kepadaku,” ujar James kepada situs resmi Bundesliga.

Berkat kemampuan itu, perlahan-lahan Heynckes juga mulai mengorbitkan para pemain muda Bayern. Salah satunya bek kiri Marco Friedl. Belakangan, pemain asal Austria itu selalu masuk skuat Die Roten.

Comments
Loading...