Bayern Komplain DFB Soal Kampanye Best Never Rest

248

Football5star.com, Indonesia – Masalah seolah belum mau berhenti menghantam asosiasi sepak bola Jerman (DFB) dan timnas Jerman. Setelah Die Mannschaft gagal melewati fase grup Piala Dunia 2018, pertikaian dengan orang tua Mesut Oezil, dan caci maki fans, kini Bayern Munich mengajukan komplain terkait kampanye Best Never Rest.

Beberapa waktu sebelum Piala Dunia 2018, DFB dan timnas Jerman menggaungkan kampanye Best Never Rest. Itu adalah semboyan yang diusung dalam misi mempertahankan gelar juara yang diraih di Brasil 2014. Kampanye tersebut terutama disokong salah satu sponsor utama Die Mannschaft, yakni Daimler.

Dua pemain Bayern di poster kampanye Best Never Rest.
Twitter @iMiaSanMia

Pangkal masalahnya adalah penggunaan dua penggawa Bayern di berbagai media promosi cetak tentang kampanye itu. Di sana, ada Joshua Kimmich dan Jerome Boateng. Manajemen Bayern menilai hal itu melanggar aturan terkait hak citra personal dan hak-hak lain pemain timnas.

Dalam interpretasi kubu Die Roten, seharusnya tak satu pun penggawa Bayern yang digunakan dalam kampanye Best Never Rest yang disokong Daimler. Pasalnya, mereka terikat dengan Audi sebagai sponsor sekaligus pemegang saham klub asal Bavaria itu.

Berdasar pijakan itu, Michael Gerlinger, Direktur Hukum dan Hubungan Institusi Die Roten, mengajukan protes resmi. Dia meminta penjelasan tertulis dari DFB mengenai hal tersebut. Namun, menurut Sport Bild, kesepakatan awal adalah hanya satu pemain Die Roten yang boleh dipakai.

Hal yang membuat Gerlinger heran, poster kampanye itu sempat diubah jelang Piala Dunia 2018 ketika kasus foto Oezil dan Ilkay Guendogan dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mencuat. Foto Oezil yang tadinya ada di depan, digeser ke belakang menjadi latar saja.


Jangan lupa ikutan kuis Football5star.com. Prediksi skor pertandingan Piala Dunia 2018 dengan kesempatan membawa pulang Mobil Honda Brio, Motor Honda Vario, Motor Honda Beat, dan banyak lagi hadiah menarik. Buruan daftar di kuis.football5star.com

Get real time updates directly on you device, subscribe now.