Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Dortmund Terbaik, Tapi Tak Akan Juara

130

Football5Star.com, Indonesia – Siapakah klub terbaik Jerman saat ini? Dari segi permainan, menurut mantan pelatih timnas Jerman, Berti Vogts, klub itu adalah Borussia Dortmund. Namun, permainan menawan itu tidak cukup untuk membawa mereka juara. Hal itu diungkapkan Vogts dalam kolomnya di t-online.de.

“Menyaksikan permainan Dortmund sangat memanjakan mata. Sejauh ini, merekalah tim terbaik di Jerman,” terang Vogts. “Cara mereka menyerang dari berbagai posisi, dengan dua-tiga sentuhan, sungguh brilian. Anda bisa melihat gen Ajax telah berhasil ditanamkan oleh pelatih Peter Bosz. Mereka telah memainkan sepak bola yang dimainkannya pada musim lalu di Belanda.”

Berdasar permainan rancak itu, Vogts yakin Die Schwarzgelben bisa mengalahkan siapa pun. Tak terkecuali Real Madrid, sang juara bertahan Liga Champions, pada Rabu (27/9/2017), dinihari WIB. Apalagi, kata dia, sang lawan masih bermasalah pada awal musim ini.

Satu hal yang harus dihindari adalah bermain ceroboh. “Soalnya, pada akhir pekan (melawan Borussia Moenchengladbach) saja ada tiga atau empat kesalahan besar di pertahanan,” jelas pelatih yang membawa Jerman juara Piala Eropa 1996 tersebut.

Menariknya, dalam pandangan mantan bek timnas Jerman era 1970-an tersebut, Dortmund tetap bukan favorit juara. “Akankah mereka juara? Sayangnya, saya pikir, tidak. Kali ini, sekali lagi Bayern Munich yang akan juara,” ucap dia.

Vogts mengakui, tak seperti Dortmund, Die Roten mengalami masalah pada awal musim ini. Namun, mereka akan bangkit dan tetap bisa menunjukkan diri sebagai tim juara. Hal itu terlihat dari keceriaan yang ditunjukkan para pemain saat Oktoberfest.

Secara khusus, dia menilai pelatih Carlo Ancelotti adalah sosok yang sangat pandai. Vogts yakin, pelatih asal Italia itu akan membawa Bayern kembali ke trek yang benar.