Neuer Jadikan Van Der Sar Sebagai Panutan

Manuel Neuer - Bayern (Dok. Zimbio)

Kiper Bayern, Manuel Neuer, mengatakan bahwa Ia menjadikan Edwin van der Sar sebagai sosok panutannya di lapangan.

Neuer dikenal sebagai kiper yang berani mengambil resiko. Mengontrol bola dengan kaki atau keluar dari kotak penalti untuk memotong operan kerap dilakukannya.

Kiper asal Jerman tersebut menjelaskan bahwa permainannya terinspirasi dari Van der Sar. Ia mengaku kerap mempelajari permainan Van der Sar dan klub profesional pertama sang idola, Ajax Amsterdam.

“Salah satu kiper pertama yang membawa perspektif baru adalah Van der Sar. Ia sering bermain menggunakan kaki dan membuat peran kiper memasuki sebuah fase baru dalam permainan,” terang Neuer kepada France Football.

“Aku terinspirasi dari cara bermainnya. Aku suka dengan filosofi bermain Ajax, entah menyaksikan rekaman atau menonton pertandingannya,” tambah dirinya.

Neuer mengakui bahwa permainannya memang beresiko. Oleh sebab itu, butuh kepercayaan diri yang besar terhadap kualitas yang Ia miliki.

Pemain yang diboyong Bayern dari Schalke pada tahun 2011 tersebut juga mengatakan bahwa pengalaman bertanding membuatnya lebih matang dalam mengambil keputusan.

“Aku yakin dengan cara bermainku, jadi aku mengambil resiko tanpa banyak keraguan,” jelas Neuer.

“Aku suka melakukan tekel, terutama ketika rumput dalam keadaan basah. Tetapi, tujuan utamaku adalah untuk menjadi kiper hebat yang bisa melakukan apapun,” pungkasnya.

Selama membela Bayern, Neuer berhasil meraih tiga titel Bundesliga, dua titel DFB-Pokal, dan satu trofi Liga Champions. Tahun lalu, Ia juga masuk nominasi peraih Ballon d’Or setelah mengantar tim nasional Jerman menjuarai Piala Dunia.

BERITA TERKINI