Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Terkena Kaki Llorente, Buerki Tetap Siap untuk Revierderby

180

Football5Star.com, Indonesia – Borussia Dortmund hampir saja mengalami kerugian ganda pada matchday V fase grup Liga Champions, Rabu (22/11/2017) dinihari WIB. Selain kalah 1-2 dari Tottenham Hotspur, mereka juga terancam kehilangan kiper Roman Buerki yang terkapar karena kepalanya berbenturan dengan kaki Fernando Llorente.

Untungnya, cedera kepala yang dialami Buerki tidaklah parah. Menurut juru bicara Dortmund, sang kiper tidak mengalami cedera serius dan akan siap untuk Revierderby melawan FC Schalke 04 pada akhir pekan nanti. Tadinya, kiper asal Swiss itu dikhawatirkan harus absen dalam laga penuh gengsi tersebut.

“Dia terlihat baik-baik saja saat tiba di ruang ganti. Dia bisa berdiri dan bisa diajak bicara dengan baik,” kata Direktur Media Die Schwarzgelben Sascha Fligge seperti dikutip Reviersport. “Semuanya baik, tapi tentu harus dilakukan pemeriksaan lebih jauh.”

Insiden benturan kepala Roman Buerki dengan kaki Fernando Llorente.
zimbio.com

Itu tentu kabar baik bagi Die Schwarzgelben. Meskipun kerap melakukan blunder, Buerki tetaplah kiper andalan. Bahkan, di mata mantan pelatih timnas Jerman, Berti Vogts, dia bukanlah titik lemah Dortmund.

“Memang benar, kiper Roman Buerki juga tak meyakinkan, tapi itu normal,” ungkap Vogts dalam kolomnya di t-online.de. Menurut dia, perfomra buruk sang kiper terpengaruh lini belakang yang buruk. “Sebagai fullback, Anda bisa membuat kesalahan, tapi tidak sebagai bek tengah. Dalam hal ini, di Dortmund, kiper secara otomatis menjadi tidak aman.”

Statistik di Bundesliga 1 musim ini menunjukkan mantan kiper SC Freiburg tersebut tidaklah buruk. Soal clean sheet, dia masih berada di atas bersama Sven Ulreich (Bayern Munich) dan Ralf Faehrmann (Schalke). Mereka sama-sama membuat lima clean sheet sejauh ini.

Tak hanya itu, Buerki juga punya rasio penyelamatan terbilang tinggi, yakni 68 persen. Sepanjang musim, dia menggagalkan 34 dari 50 peluang gol lawan.