Neymar Jadi Pemain Paling Berharga di Dunia Sepak Bola

109

Banner Footbal Live Star-Football5star

Football5star.com, Indonesia – Penggawa Paris Saint-Germain, Neymar menjadi nama pemain sepak bola yang paling berharga menurut riset yang dilakukan oleh KPMG Football Benchmark. Ia mengungguli Lionel Messi dan Kylian Mbappe yang berada di posisi kedua dan ketiga.

KPMG menggunakan sistem penilaian harga pemain berdasarkan sistem algoritma yang dikembangkan sendiri dan menjalin kerja sama dengan Opta. KPMG memberikan penilaian kepada 4000 pemain dari 11 liga-liga top di Eropa dan Amerika Selatan. KPMG akan mempublikasikan hasil risetnya sebanyak tiga kali dalam jangka waktu satu tahun.

Di riset pertama yang dilakukan pada musim 2018-19, Neymar menjadi pemain paling berharga di dunia sepak bola saat ini. Menurut riset KPMG, harga pasaran Neymar ditaksir mencapai angka 234 juta Euro. Sementara Messi yang menempati peringkat kedua dengan 210 juta Euro dan Mbappe ada di kisaran 190 juta Euro.

Harga fantastis yang dimiliki Neymar dan Mbappe tak jauh berbeda dengan dana yang harus dikeluarkan oleh PSG untuk memboyong kedua pemain tersebut. Pada musim panas 2018 lalu, PSG rela menggelontorkan dana sebesar 222 juta Euro. Mbappe didatangkan dengan mahar sebesar 180 juta Euro.

Kedua penyerang PSG tersebut menjadi wakil Ligue 1 di daftar 10 pemain paling berharga yang dikeluarkan oleh KPMG. Premier League menjadi liga yang mendominasi dengan adanya lima perwakilan. Sementara La Liga diwakilkan oleh tiga pemain. Menariknya, tak ada satupun nama pemain Serie A yang masuk di daftar 10 besar. Bahkan Cristiano Ronaldo pun dinilai tak lebih berharga dari Phillippe Coutinho yang berada di peringkat ke-10 (114,5 juta Euro).

Get real time updates directly on you device, subscribe now.