Liga Spanyol Terapkan Pergantian 5 Pemain Pasca-Corona?

Football5star.com, Indonesia – Pandemi corona tampaknya akan mengubah beberapa peraturan yang ada di sepak bola. Perubahan ini pula yang sedang diupayakan Liga Spanyol ketika LaLiga kembali bergulir Juni mendatang.

Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) telah mengusulkan pergantian lima pemain dalam setiap pertandingan. Usulan ini bertujuan untuk menjaga para pemain agar tetap sehat.

Walau begitu, pergantian lima pemain ini hanya bisa dilakukan dalam keadaan tertentu saja. Nantinya usulan ini akan dilaporkan kepada badan yang menentukan aturan pertandingan sepak bola, IFAB.

“RFEF akan membawa delegasinya untuk perubahan pergantian pemain menjadi lima tiap timnya. Perubahan ini dapat dilakukan dalam tiga keadaan, dengan tujuan untuk melindungi kesehatan pemain setelah menjalani masa karantina,” demikian pernyataan RFEF seperti dikutip dari laman resmi mereka, Jumat (8/5/2020).

Lebih lanjut, presiden RFEF, Luis Rubiales, beberapa waktu lalu sudah membicarakan rencananya ini dengan FIFA. Induk sepak bola dunia itu pun sudah memberi lampu hijau soal rencana tersebut. 

Akan tetapi mereka masih menunggu persetujuan IFAB. Jika disetujui, pergantian lima pemain akan diaplikasikan terlebih dulu di kasta tertinggi Liga Spanyol, LaLiga Santander. Setelah itu baru akan diikuti kompetisi lain yang ada di bawahnya.

“Dengan proposal ini Federasi Spanyol ingin maju dan mengusulkan langkah-langkah yang mendukung kesehatan pemain sepak bola. Ini harus kami setelah apa yang sudah kita lalui belakangan ini,” kata Luis Rubiales.

LaLigaLiga SpanyolLuis RubialesRFEF