Alonso Akui Sangat Sulit Mematikan Messi

0 736

Football5Star.com, Indonesia – Xabi Alonso, mantan penggawa Real Madrid, mengakui sangat sulit menghentikan Lionel Messi. Apalagi ketika megabintang asal Argentina itu ditangani Pep Guardiola. Menurut dia, itulah yang membuat pertemuan Madrid dengan Barcelona selalu penuh tantangan.

Messi sungguh menyiksa saya. Dia membuat kami pusing tujuh keliling. Saya berdiskusi dengan (Jose) Mourinho dan Sergio Ramos. Bagaimana dia menyiksa kami? Bagaimana pula kami harus mengendalikannya? Messi bermain dengan ditopang Xavi. Kombinasi mereka ini yang membuat kami kesulitan,” beber Alonso dalam wawancara dengan Ecos del Balon seperti dikutip Mundo Deportivo, Rabu (13/12/2017).

Salah satu duel Xabi Alonso dan Lionel Messi.
zimbio.com

Menurut pemain yang juga pernah membela Liverpool itu, Xavi akan memancing dirinya saat menguasai bola. Begitu dia mengejar Xavi, otomatis Messi bebas sehingga Ramos akan mengisi posisinya. Akibatnya jelas, ada ruang menganga yang ditinggalkan sang bek tengah. Inilah yang menjadi petaka bagi Madrid.

Pada akhirnya, kata Alonso, mereka menemukan solusi tepat. “Kami mulai bisa mengendalikan Messi ketika saya, bukannya Sergio, yang bertanggung jawab terhadap pengawalannya. Xavi memancing, tapi saya selalu tetap mengawal Messi dan Sergio tetap berada di tempatnya. Dari sanalah kami mulai mengontrolnya dengan cukup baik. Kami mengorbankan ruang dan penguasaan bola untuk berkonsentrasi kepada Messi,” beber pemain yang mengakhiri karier di Bayern Munich itu.

Hanya dengan cara itulah, kata Alonso, Madrid bisa menghindari kekalahan saat melawan Barcelona.