Footbal5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Demi La Masia, Barca Incar Bek 14 Tahun

96

Barcelona dikabarkan berniat untuk mendatangkan bek muda Shakhtar Donetsk berumur 14 tahun, Alan Aussi. Selain untuk proyek jangka panjang, Aussi juga diharapkan mampu memperkuat La Masia.

Meski baru berumur 14 tahun, nama Aussi telah menjadi perbincangan di lingkungan sepak bola Russia dan Ukraina, yang tak lain adalah negara asalnya. Ia berhasil mendapatkan penghargaan sebagai bek terbaik dan pemain terbaik oleh Federasi Sepak Bola Ukraina selama tiga musim bermain di level junior.

Selain karena kemampuannya, kelebihan Aussi ada pada tinggi fisiknya yang sudah berada di angka 182 cm. Bahkan, jika dibandingkan dengan barisan bek tim senior Barcelona, hanya Gerard Pique, Thomas Vermaelen, Marc Bartra, dan Jeremy Mathieu yang lebih tinggi dari Aussi.

Menurut Russian daily Sports, dalam waktu dekat Barcelona akan mulai bergerak untuk mengamankan jasa Aussi, yang saat ini bermain bagi tim U-19 Shakhtar Donetsk. Namun, tentu Barca baru bisa mendaftarkan Aussi sebagai pemain ketika sanksi dari Federasi Asosiasi Sepak Bola Internasional (FIFA) berakhir pada Januari 2016 mendatang.

Diperkirakan usaha Barca untuk meminang Aussi tak terlepas dari kurang produktifnya akademi mereka, La Masia, dalam menelurkan pemain-pemain yang pantas untuk mengisi susunan starter Barcelona akhir-akhir ini.

La Masia, yang terkenal berkat jebolan-jebolan mereka seperti, Xavi Hernandez, Andres Iniesta. dan tentu saja Lionel Messi, memang belakangan tengah mendapat sorotan.

Sebagai klub, Barcelona dikenal kerap mengutamakan pemain hasil dari La Masia sebagai pemain utama. Tetapi, tren transfer klub dalam beberapa tahun terakhir justru tidak menunjukkan hal tersebut. Barca dianggap lebih mementingkan membeli pemain jadi dengan harga mahal ketimbang menerbitkan para pemain muda. Total biaya transfer pada musim 2014/15 yang mencapai angka 116 juta Poundsterling menjadi salah satu alasannya.

Belum lagi dengan performa tim Barcelona B, yang memang menjadi arena pematangan pemain-pemain La Masia, tengah menurun. Di musim lalu, Barcelona B terdegradasi dari divisi dua Liga Spanyol.

Jika benar Barcelona mendatangkan Aussi, ini bisa menjadi salah satu bukti bahwa mereka ingin mengembalikan kemahsyuran La Masia.