Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Enam Fakta di Balik Gelar Juara Piala Super Spanyol

389

Football5Star.com, Indonesia – Kemenangan 2-0 atas Barcelona di leg II Piala Super Spanyol, Kamis (17/8/2017) dinihari WIB membuat Real Madrid merebut gelar juara Piala Super Spanyol. Ada sejumlah fakta menarik dari hasil laga El Clasico di Santiago Bernabeu tersebut. Berikut adalah enam fakta menarik di balik keberhasilan Los Blancos juara Piala Super spanyol kali ini.

La Decima Keempat

Keberhasilan juara kali ini menjadikan Madrid mengoleksi 10 trofi Piala Super Spanyol. Itu tak termasuk gelar di Copa Eva Duarte. Ini merupakan La Decima keempat bagi Los Blancos. Sebelumnya, mereka menorehkan La Decima di Copa Del Rey dan La Liga pada dekade 1960-an. Lalu, pada 2013-14, La Decima direngkuh di Liga Champions.

Trofi = Kekalahan

Piala Super Spanyol 2017 merupakan gelar ketujuh yang diraih Zinedine Zidane sebagai pelatih Madrid. Itu menjadikan koleksinya menyamai Vicente Del Bosque. Menariknya, sejak menangani Los Blancos pada Januari 2016, jumlah trofi yang diraih Zidane sama dengan jumlah kekalahan yang dialaminya. Luar biasa!

Tradisi Lima Gol

Kemenangan 2-0 pada leg II memastikan Madrid unggul agregat 5-1. Ini melanjutkan tradisi dua sebelumnya. Sejak 2015, juara Piala Super Spanyol selalu mengoleksi lima gol dalam dua laga yang dilakoni. Pada 2015, Atletico Madrid menang 5-1 (4-0 dan 1-1), sedangkan Barcelona pada 2016 membukukan agregat 5-0 (2-0 dan 3-0).

Patahkan Dominasi Possession

Dalam laga di Santiago Bernabeu, Madrid secara mengejutkan mampu unggul atas Barcelona dalam penguasaan bola. Ini adalah kali pertama Los Blancos unggul atas Blaugrana dalam hal itu setelah sekian lama. Dalam 31 edisi El Clasico sebelumnya, selalu Barcelona yang unggul dalam penguasaan bola.

Back to back Istimewa Asensio

Catatan istimewa ditorehkan Marco Asensio di Piala Super Spanyol kali ini. Dalam dua laga, dia selalu berhasil menjebol gawang Blaugrana. Dia menjadi pemain Spanyol pertama yang mencetak gol secara back to back bagi Los Blancos dalam El Clasico dalam dua dekade terakhir. Pemain Spanyol terakhir yang melakukan hal itu adalah Raul Gonzalez pada 1997.

Akhir Produktivitas Barcelona

Hasil 2-0 yang dibukukan Madrid pada leg II mengakhiri produktivitas El Barca di El Clasico. Sebelumnya, Blaugrana selalu mencetak gol dalam 24 pertemuan dengan Los Blancos. Clean sheet terakhir Los Blancos di El Clasico diukir pada final Copa Del Rey 2010-11. Saat itu, mereka menang 1-0 berkat gol Cristiano Ronaldo saat laga memasuki menit ke-102.