Footbal5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Kepergian Neymar dari Barcelona Jadi Berkah untuk Jordi Alba

699

Football5star.com, Indonesia – Kepergian Neymar tidak sepenuhnya membawa dampak positif bagi Barcelona. Hal tersebut justru menjadi berkah tersendiri bagi Jordi Alba.

Neymar bergabung dengan Barcelona pada Juli 2013. Striker berusia 25 tahun itu dibeli dari Santos seharga 88,2 juta euro, menurut data Transfermarkt.

Selama empat musim, Neymar menjadi salah satu pemain vital bagi lini depan Barcelona. Dia membukukan 105 gol dan 80 assist dari 186 penampilan bersama Blaugrana dalam berbagai ajang.

Di luar dugaan, Neymar memutuskan untuk hengkang dari Stadion Camp Nou pada Agustus lalu. Paris Saint-Germain (PSG) berhasil membajak kapten timnas Brasil itu dari Barcelona dengan banderol 222 juta euro.

Pesona Neymar membuat peran Alba sedikit meredup pada musim 2016-17. Itu tidak lepas dari keputusan eks pelatih Barcelona, Luis Enrique, mengubah formasi dari 4-3-3 menjadi 3-4-3.

Alba yang biasa menghuni sektor bek kiri tak melulu tampil reguler. Apabila Enrique memainkan formasi tiga bek, Alba harus bersaing dengan Andres Iniesta dan Lucas Digne untuk merebut satu tempat di pos gelandang sayap kiri.

Kedatangan Ernesto Valverde selaku suksesor Enrique di kursi pelatih Barcelona membawa angin segar bagi Alba. Bek kiri timnas Spanyol itu kembali menjadi pilihan utama.

Selain itu, tanpa Neymar, Alba pun lebih leluasa dalam membantu penyerangan Barcelona. Itu terbukti dari statistik penampilan dia pada awal musim 2017-18.

Alba telah mencatatkan tiga assist dari enam partai dalam semua kompetisi bersama Barcelona pada musim ini. Dia berpotensi melampaui torehannya musim lalu, yakni tujuh assist dan satu gol.

Alba baru saja menampilkan performa impresif dalam Liga Champions. Dia turut membantu Barcelona menang 3-0 atas Juventus dalam laga pertama Grup D Liga Champions musim ini di Camp Nou, Selasa (12/9/2017).

Dalam laga tersebut, Alba acap kali membantu serangan Barcelona. Tidak hanya merangsek ke pertahanan lawan, dia juga mampu meredam pergerakan wing-back Juventus, Mattia De Sciglio.