La Liga Terapkan Water Break di Musim 2017-2018

82

Football5Star.com, Indonesia – Jelang bergulirnya kompetisi La Liga musim 2017-2018 pada Sabtu (19/8/2017) otoritas sepak bola Spanyol melakukan sedikit gebrakan baru. Seperti yang dilansir Mundo Deportivo, pihak La Liga akan menerapkan sistem water break ketika pertandingan berlangsung di temperatur tinggi.

Wasit diizinkan meniup pluit setelah 25 menit permainan, baik di babak pertama maupun kedua. Seperti yang sebelumnya dilakukan, water break hanya berlangsung selama dua menit dan waktu pertandingan bisa ditambah saat injury time.

Tak hanya di Divisi Primera saja, sistem ini juga akan digunakan pada Divisi Segunda. Hal ini dirasa perlu diterapkan untuk mengantisipasi kelelahan pemain di lapangan.

Sebenarnya, penerapan water break bukan pertama kali terjadi. Sebelumnya, beberapa pertandingan resmi FIFA sudah melaksanakan aturan ini, seperti Piala Dunia 2014 di Brasil dan Piala Super Eropa 2017 di Makedonia.

Wacana ini sejatinya sudah lama didengungkan FIFA untuk mengantisipasi suhu tinggi dibeberapa negara.Terlebih, Piala Dunia 2022 akan berlangsung di Qatar, yang memiliki suhu panas ekstrim.

Hingga saat ini, polemik water break masih menyisakan kontroversinya tersendiri. Banyak yang menganggap, menghentikan permainan di tengah-tengah laga bisa merusak tempo dan konsentrasi para pemain.

Untuk kepentingan berbeda pula, water break juga pernah dilakukan di Indonesia saat gelaran ISC dan Piala Presiden beberapa bulan lalu.

You might also like More from author