Lionel Messi Tutup Musim Dengan Rekor Baru

5,938

Football5star.com, Indonesia – Lionel Messi menutup musim 2017/18 dengan gemilang bersama Barcelona. Ia berhasil mengantarkan Blaugrana kepada dua gelar turnamen utama yakni La Liga dan Copa del Rey musim ini.

Tidak hanya pencapaian kolektif bersama tim, Messi juga mengukir prestasi atas nama dirinya sendiri. Untuk kelima kalinya, pemain asal Argentina tersebut meraih penghargan Golden Boots atas torehan golnya sepanjang musim.

Lionel Messi tak dibawa Valverde saat Barcelona lawan Levante. (football5star.com/ndtv.com)
ndtv.com

Total, Messi menceploskan 45 gol ke gawang lawan di semua ajang. Rinciannya adalah 34 di La Liga, enam di Liga Champions, empat di Copa del Rey, serta satu tambahan dari Supercopa di awal musim.

Dengan demikian, Messi berhasil unggul satu gol atas pemain Liverpool, Mohamed Salah, yang mencetak 44 gol. Torehan ini merupakan rekor baru yang terukir dalam sepak bola Eropa ketika seorang pemain mengoleksi lima sepatu emas.

Musim lalu, ayah dari Thiago tersebut juga melakukan hal yang sama. Demikian pula pada musim 2009/10, 2011/2, dan 2012/13. Kini, ia unggul atas Cristiano Ronaldo yang baru mengoleksi empat sepatu emas sepanjang kariernya.

Messi masuk pada babak kedua ketika Barcelona mengalahkan Real Sociedad pada partai pamungkas liga musim ini. Pada laga tersebut, Blaugrana berhasil menang tipis berkat tembakan indah melengkung oleh Philippe Coutinho.