Football5star
Berita Sepak Bola Terkini Terlengkap Football5star.com

Benitez, Manajer Paling Defensif Sepanjang Sejarah Madrid

135

Hasil imbang 0-0 melawan Paris Saint-Germain di fase grup Liga Champions (22/10) menjadi bukti nyata bahwa pertahanan Real Madrid mengalami banyak peningkatan sejak ditangani Rafa Benitez.

Tak banyak yang menyangka jika Benitez mampu meminimalisir kesalahan-kesalahan di lini belakang Madrid. Ditelisik ke belakang, Benitez tak punya rapor yang bagus dalam hal kemasukan gol.

Saat menangani Valencia, dalam 11 laga resmi pertamanya skuat asuhan Benitez kebobolan delapan gol. Jumlah yang sama juga dicatatkan Benitez dalam 11 laga pertamanya bersama Liverpool.

Pada musim panas 2010, Benitez dipercaya menangani Inter Milan pasca kesuksesan treble. Lini pertahanan Inter yang saat itu masih dihuni Walter Samuel dan Lucio, hanya kemasukan enam gol dalam 11 laga pertamanya.

Setelah Inter, Benitez pun melanjutkan petualangannya di Chelsea dan Napoli. Bersama dua klub tersebut, dengan jumlah laga yang sama, Benitez mencatatkan kemasukan 9 dan 10 gol.

Bandingkan dengan catatan yang dibuat Madrid musim ini. Lini pertahanan yang digalang Sergio Ramos dkk ini sudah membuat sembilan clean sheet dan baru kemasukan dua gol dari 11 laga.

Dilansir Marca, torehan ini menempatkan Benitez sebagai salah satu pelatih dengan rekor pertahanan terbaik dalam sejarah 113 tahun Madrid. Benitez menjadi satu-satunya pelatih Madrid yang hanya kebobolan dua gol dari 11 laga di awal musim.