Taruh Kroos di Posisi Casemiro, Ini Penjelasan Lopetegui

119

Banner Footbal Live Star-Football5star

Football5Star.com, Indonesia – Sebuah putusan mengherankan dibuat Julen Lopetegui saat Real Madrid melawat ke kandang Athletic Bilbao, Minggu (16/9/2018) dini hari WIB. Dia menempatkan Toni Kroos di posisi Casemiro, yakni gelandang bertahan.

Hasilnya bisa diterka, Kroos kesulitan beroperasi di sana. Dia kewalahan saat ditekan Inaki Williams dan para gendang Bilbao yang lain. Saat kehilangan bola, dia pun tak mampu menutup ruang sehingga berkali-kali Raul Garcia berhasil menyelinap.

Casemiro tetap opsi terbaik Madrid di gelandang bertahan.
elpais.com

Ini bukan kali pertama Kroos dicoba bermain sebagai gelandang bertahan. Pep Guardiola, Carlo Ancelotti, Rafael Benitez, dan Zinedine Zidane pernah menugasi gelandang Jerman tersebut di posisi itu dan hasilnya selalu buruk.

Meskipun demikian, Lopetegui tak merasa keliru dengan pilihannya. Walaupun akhirnya dipaksa mengubah susunan lini tengahnya pada babak kedua dengan memasukkan Casemiro sebagai pengganti Dani Ceballos, dia menilai Kroos tidaklah gagal.

Tekanan Williams dan Garcia

“Toni telah sering bermain di posisi itu, baik di Madrid maupun timnasnya. Dia beradaptasi baik di posisi nomor enam dan delapan, tergantung pertandingan dan keadaan. Jikapun dia tak berfungsi di sana, itu lebih karena tekanan yang diberikan Bilbao,” kata dia seperti dikutip Football5Star.com dari El Pais.

Tekanan yang sangat baik itu, kata Lopetegui, membuat mantan pemain Bayern Munich itu mati kutu. Pemain berumur 28 tahun tersebut tak bisa melakukan manuver-manuver yang biasa dilakukannya.

Hal itu diamini entrenador Bilbao, Eduardo Berizzo. Menurut dia, timnya memang sengaja memberikan tekanan kepada Kroos melalui Williams dan Garcia. Dia pun lantas memuji langkah Lopetegui mengubah susunan lini tengah pada babak kedua.

“Saya pikir Lopetegui menyadari pada babak kedua bahwa hal terbaik adalah memasang Casemiro dan tak memulai dengan Kroos di posisi lebih dalam,” terang dia.

Dalam laga di Stadion San Mames itu, Madrid hanya berhasil meraup satu angka berkat hasil imbang 1-1. hal itu membuat mereka kini tertinggal dua poin dari Barcelona yang berada di puncak klasemen LaLiga.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.