Valverde Puji Ketangguhan Mental Barcelona di Anoeta

354

Football5Star.com, Indonesia – Ernesto Valverde, pelatih Barcelona, memuji mental anak-anak asuhnya saat melawat ke kandang Real Sociedad, Senin (15/1/2018) dinihari WIB. Di Stadion Anoeta yang dikenal angker bagi Barcelona, Lionel Messi cs. mampu meraup kemenangan 4-2 meskipun sempat tertinggal dua gol.

Luis Suarez membawa Barcelona balikkan keadaan di kandang Real Sociedad.
mundodeportivo.com

“Hal terbaik (dari laga kali ini) adalah kami tetap yakin bisa membalikkan keadaan meskipun bertarung di stadion yang sulit kami taklukkan dan lawan bermain sangat baik,” ungkap Valverde usai pertandingan seperti dikutip Mundo Deportivo. “Kami telah berhasil menyingkirkan kutukan tak menang di sini dalam waktu sekian lama. Saya bahagia karena kami melakukannya dengan mengejar dua gol.”

Di mata pelatih berumur 53 tahun itu, kunci keberhasilan Barcelona membalikkan keadaan adalah gol Paulinho yang menjadikan kedudukan 1-2 saat babak pertama tersisa enam menit.

“Skor 2-1 sangat menolong kami. Setelah jeda, kami bertekad meningkatkan tekanan dan berhasil melakukan itu,” urai Valverde. “Gol sebelum jeda pertandingan punya arti penting. Itu membuat kami merasa bisa mengejar (karena skor jadi ketat).”

Tanpa ketangguhan mental anak-anak asuhnya, Valverde mengakui sangat sulit untuk menuai hasil positif di Anoeta. Pasalnya, Sociedad juga bermain baik. Mantan pelatih Athletic Bilbao itu bahkan menilai La Real tampil lebih baik dari tim asuhannya pada beberapa momen di laga tersebut. Secara khusus, dia mengatakan timnya sulit keluar dari tekanan lawan dan kewalahan juga menahan serangan mereka.