Lima Pemain Akademi Paling Potensial di Inggris

Klub-klub di Eropa sedang disorot karena kerap tak memberi kepercayaan kepada pemain binaannya. Menurut data International Centre for Sport Studies (CIES), persentase pemain akademi klub Inggris yang dipromosikan ke level senior klub menurun tiap tahunnya.

Inggris jadi salah satu negara dengan catatan buruk dalam daftar distributor pemain jebolan akademi klub. Hanya dua tim yakni Arsenal dan Manchester United yang ada dalam daftar 25 klub distributor pemain akademi paling banyak di Eropa.

Dari pemain akademi, hanya ada beberapa yang punya prospek cerah. Berikut beberapa di anaranya.

Jesse Lingard
Lingard bergabung dengan Manchester United sejak umur tujuh tahun. Setelah 15 tahun menimba ilmu di akademi, Lingard akhirnya dipercaya masuk skuat utama MU pada musim 2014-15. Setahun setelah momen itu, Lingard berhasil mencetak gol debut untuk Red Devils. Momen bersejarah itu terjadi ketika Manchester United mengalahkan West Brom Albion 2-0 pada akhir pekan lalu.

Ruben Loftus-Cheek
Loftus-Cheek sudah berseragam The Blues sejak berusia delapan tahun. Ia memulai debutnya pada musim 2014-15 dan mengakhiri musim dengan mengemas tiga penampilan. Musim ini ia dipercaya tampil bersama Chelsea di ajang Liga Champions.

Harry Kane
Penyerang andalan Tottenham Hotspur ini bergaubg dengan klub sejak umur 11 tahun. Ia harus melewati sejumlah tahap akademi sebelum bisa menjadi pencetak gol terbanyak klub pada musim lalu. Prestasi moncer di Spurs membawa Kane ke panggung internasional bersama timnas Inggris. Kini, ia menjadi salah satu bagian skuat The Three Lions dalam sejumlah laga kualifikasi Piala Eropa.

Ross Barkley
Gelandang agresif Everton, Ross Barkley memperkuat klub sejak umur 15 tahun. Dia sempat dipinjamkan ke Sheffield Wednesday dan Leeds United tiga tahun lalu. Namun pada musim 2014-15 ia kembali ke The Toffees dan berhasil tampil impresif. Saking hebat, pelatih Inggris, Roy Hodgson menyebut Barkley sebagai titisan Paul Gascoine.

Saido Berahino
Penyerang West Bromwich Albion ini memperkuat klub sejak 2004. Tepatnya sejak ia berusia 11 tahun. Setelah tampil gemilang pada musim lalu, Berahino hampir meninggalkan klub binaannya guna hengkang ke Tottenham Hotspur.

Comments
Loading...